TribunJambi/

Pabrikan Berebut TBS Kelapa Sawit, Harga di Jambi Naik

Harga Tandan Buah Segar (TBS) di Provinsi Jambi untuk sepekan ke depan mengalami kenaikan. Instansi memprediksi harga ke depan

Pabrikan Berebut TBS Kelapa Sawit, Harga di Jambi Naik
KONTAN/PANJI INDRA
Sawit 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Harga Tandan Buah Segar (TBS) di Provinsi Jambi untuk sepekan ke depan mengalami kenaikan sebesar Rp 12,35.

"Kenaikannya ini tidak terlalu terlalu signifikan tetapi setiap minggu ini diperkirakan akan selalu naik," kata Kabid Pengolahan Standarisasi dan Pemasaran Hasil Perkebunan Provinsi Jambi, Putri Rainun, Kamis (9/11).

Menurutnya dalam hal ini faktor kenaikan harga TBS dikarenakan tergantungnya tanggal transaksi dan pembeli.

Kenaikan juga dipengaruhi permintaan yang meningkat.

"Dipengaruhi permintaan yang tinggi untuk bahan baku TBS ke pabrikan, karena faktor pasar global turut andil dalan mepengaruhi tinggi atau naiknya TBS maupun CPO," kata Putri.

Selain itu juga, karena mengikuti mekanisme pasar dunia sehingga permintaan yang besar pun sangat mempengaruhi kenaikan harga.

"Harga TBS kelapa sawit mengalami kenaikan yang mana ini sesuai dengan harga minyak sawit di pasar global yang juga meningkat," ujarnya.

Ia menambahkan secara persaingan global CPO terhadap minyak kedelai, minyak bunga matahari dan minyak jagung pada prinsipnya berkurang dikarenakan musim trek. 

Tetapi dalam hal ini persaingan terhadap minyak sejenisnya tidak terlalu terasa dikarenakan pasarnya yang berbeda.

"Mengalami sedikit trek ini juga yang mempengaruhi permintaan, jadi ketersediaan barang yang sedikit ini akibat trek membuat pabrik-pabrik berebut mencari TBS sehingga harganya menjadi naik," ujarnya. (*)

Penulis: Niko Firmansyah
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help