TribunJambi/

Manusia Purba Masuk Mall, Pameran Purbakala di Mall Lippo Plaza, Ini Jadwalnya

Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, akan membuka pameran purbakala Situs Manusia Purba Sangiran di Kota Jambi.

Manusia Purba Masuk Mall, Pameran Purbakala di Mall Lippo Plaza, Ini Jadwalnya
Tribun Jateng
Museum Manusia Purba Sangiran 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Deni Satria Budi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, akan membuka pameran purbakala Situs Manusia Purba Sangiran di Kota Jambi.

Pameran tersebut akan dilaksanakan pada Rabu 8 hingga 12 November 2017 mendatang di Lippo Plaza.

Sejumlah koleksi manusia purba yang akan dipamerkan di Mall Lippo Plaza sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat untuk lebih mengenal situs manusia purba Sangiran.

Kepala Seksi Pemanfaatan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Iwan Setiawan Bimas, mengatakan, pada pameran itu, selain memajang koleksi manusia purba, juga memamerkan fosil binatang purba yang terdiri atas Gajah purba, penyu purba dan buaya purba, serta sejumlah peralatan dari batu yang digunakan pada zaman purba yang rata-rata memiliki usia kepurbaan jutaan tahun.

Menurut Iwan, diselenggarakannya pameran tersebut adalah untuk mengajak masyarakat mengenali sejarah manusia purba serta mengingatkan kembali keberadaan museum manusia purba Sangiran.

Sebagai penjaga kekayaan sejarah peradaban manusia, bilang Iwan, Museum Sangiran wajib mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menambah pengetahuan mereka.

"Ada fosil-fosil fauna. Baik itu fauna laut, darat, dan rawa. Selain menampilkan rekontruksi manusia purba, juga akan dipamerkan replika temuan manusia, seperti tengkorak," ujar Iwan, ketika dikonfirmasi Tribun, Minggu (5/11).

Pameran itu kata Iwan, akan dibuka Sukronedi, S.Si. M.A., Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran.

Selain menampilkan stan-stan tentang manusia, fauna, dan lingkungan purba, roadshow ini juga akan mengadakan kegiatan lomba mewarnai, talkshow, dan pembagian hadiah bagi pengunjung.

"Tahun ini kita pameran di Sumatera. Ada lima kota yang menjadi tujuan. Medan, Pakanbarau, Jambi, Palembang, dan Bandar Lampung. Diharapkan dengan pameran ini, masyarakat mengetahui dan memahami situs manusia purba Sangiran. Pada akhirnya masyarakat akan memberi apresiasi dan berperan aktif dalam upaya pelestariannya," jelas Iwan. (*)

Penulis: budi
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help