TribunJambi/
Home »

Bisnis

» Makro

Ekspor Jambi Meningkat - Pertambangan Beri Kontribusi Terbesar

Kontribusi terbesar total ekspor Jambi adalah kelompok pertambangan, yaitu 48,70 persen, diikuti industri 47,04 persen dan kelompok

Ekspor Jambi Meningkat - Pertambangan Beri Kontribusi Terbesar
KONTAN/CHEPPY A MUKHLIS
Ilustrasi proyek migas 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kontribusi terbesar total ekspor Jambi adalah kelompok pertambangan, yaitu 48,70 persen, diikuti industri 47,04 persen dan kelompok pertanian 6,26 persen.

"Bila dirinci menurut komoditi, kelompok pertambangan didominasi oleh Migas yang memberikan kontribusi mencapai 43,90 persen," kata Kepala BPS Jambi, Dadang Hadriwan. Senin (30/10).

Ia menjelaskan, penyumbang kontribusi terbesar dari kelompok industri yaitu karet dan olahannya yang mencapai 29,14 persen. Sedangkan dari kelompok pertanian adalah komoditi pinang yang memiliki sumbangan 5,10 persen.

Selain itu Dadang mengatakan, secara umum nilai ekspor asal Provinsi Jambi pada Agustus 2017 ke beberapa negara utama mengalami kenaikan. Ekspor Jambi yang mengalami kenaikan adalah ke Singapura, Malaysia, Thailand, Jerman, Perancis, Jepang, Amerika Serikat dan Taiwan.

Dadang juga mengatakan, sedangkan pergerakan turunnya nilai ekspor dapat diamati ke beberapa negara seperti Inggris, Tiongkok, India, Australia, dan Korea Selatan.

Secara kumulatif sampai dengan Agustus 2017 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, menunjukkan bahwa sebagian besar transaksi ekspor mengalami peningkatan.

"Namun demikian ada beberapa transaksi ekspor ke berbagai negara mengalami penurunan seperti ekspor ke Perancis, Australia dan Taiwan," katanya.

Penulis: Niko Firmansyah
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help