TribunJambi/

VIDEO

Hari Sumpah Pemuda - Masyarakat Gelar Upacara Bendera di Tengah Sawah

Beraneka cara dilakukan masyarakat Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 yang jatuh pada hari Sabtu (28/10/2017).

TRIBUNJAMBI.COM, RUTENG - Beraneka cara dilakukan masyarakat Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 yang jatuh pada hari Sabtu (28/10/2017).

Dari sekian banyak  jenis kegiatan, kebanyakan masyarakat menggelar upacara bendera, entah di halaman kantor atau halaman sekolah.

Di Kabupaten Manggarai lebih unik lagi. Mereka melakukan upacara peringatan Sumpah Pemuda langsung di hamparan sawah (sawah lodok) yang menyerupai jaring laba-laba di Desa Meler, Kecamatan Ruteng.

Ratusan bendera merah putih dikibarkan di persawahan jaringan laba-laba di Manggarai usai upacara yang dipimpin Asisten III Setda Manggarai, Angglus Angkas di persawahan tersebut.

Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata Manggarai, Frumentius Do, Pasie Teritorial Kodim Manggarai, Kapten Inf Musoli, Kabag Bina Mitra Polres Manggarai, AKP Agus Janggu, para kades di Kecamatan Ruteng, mahasiswa di Manggarai dan masyarakat Desa Meller.

upacara
Upacara bendera memperingati Sumpah Pemuda di sawah lodok Desa Meler, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Sabtu (28/10/2017). (POS KUPANG/ARIS NINU)

Peringatan Sumpah Pemuda di Persawahan Lodok dimulai dengan acara Tuak Reis (sapaan dari tua gendamg kepada tamu yang hadir).

Kemudian penyerahan derma kepada tua gendang untuk keluarga yang telah meninggal dunia (wae lu'u).

Setelah itu, perarakan ke Lingko Meler yang berlokasi di Lingko Lumpung Meler.

upacara
Upacara Sumpah Pemuda di areal persawahan Desa Meler, Kabupaten Manggarai, Sabtu (28/10/2017). (Facebook/Marius Jelamu)

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Dr. Marius Ardu Jelamu, melalui akun facebooknya, menyampaikan proficiat kepada para peserta apel tersebut.

"Ini awal yang baik untuk menyelenggarakan festival Lodok tahun depan," tulis Marius.

Bagaimana jalannya upacara tersebut, simak videonya.

Editor: fifi
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help