TribunJambi/

Harapkan Koperasi Khusus Petani Karet

Belasan orang petani karet yang berasal dari beberapa kabupaten kota mendatangi kantor Dinas Koperasi dan UMKM

Harapkan Koperasi Khusus Petani Karet
TRIBUNJAMBI/MUZAKKIR
petani karet mendatangi kantor Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI -- Belasan orang petani karet yang berasal dari beberapa kabupaten kota mendatangi kantor Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jambi.

Kedatangan petani ini untuk melakukan pembicaraan terhadap koperasi untuk petani karet. Mereka berharap, di Provinsi Jambi terdapat koperasi khusus menangani karet.

Satu diantara petani Karet yang datang Sukirman menyebut, harga karet di Jambi makin hari tidak begitu bagus, dan mereka mengkhawatirkan masa depan petani karet yang ada di Jambi.

petani karet  mendatangi kantor Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jambi.
petani karet mendatangi kantor Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jambi. (TRIBUNJAMBI/MUZAKKIR)

Katanya, dengan adanya koeprasi khusus petani karet, nantinya petani-petani tidak tertuju menjual karet kepada ‎perusahaan yang ada di Jambi, namun bisa dijual kepada perusahaan yang berada di provinsi tetangga.

"Jadi petani jual kekoperasi, dan koperasi bisa jual kepada perusahaan yang mau membeli harga karet dengan harga tinggi," kata Sukirman.

Mereka berharap, dengan kedatangan belasan petani ini pemerintah provinsi bisa melek dan bisa membantu petani ‎untuk mewujudkan mimpinya membangun koperasi khusus petani karet.

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi Jambi Harmen Rusdi menyebut, dirinya sangat terkejut dengan kedatangan perwakilan petani ini. Sebab tanpa diundang dan tanpa pemberitahuan, dirinya mendapatkan tamu dari petani.

"Kita apresiasi kedatangan bapak-bapak petani ini. Ini luar biasa," kata Harmen.

Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi Jambi Harmen Rusdi dan perwakilan petani karet
Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi Jambi Harmen Rusdi dan perwakilan petani karet (TRIBUNJAMBI/MUZAKKIR)

Menurut dia, pihaknya akan memperjuangkan apa yang diminta oleh petani, hal itu sesuai dengan rencana Gubernur Jambi untuk meningkatkan harga karet. Katanya, jika sudah menjadi koperasi, maka banyak keuntungan yang didapat nantinya.

Satu diantaranya mengubah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi yang bisa mendapatkan nilai jual yang tinggi.

"Karet itu banyak sekali penghasilannya, bisa jadi sit angin. Trus pohon yang sudah tua ditebang dan bisa dijadikan arang. Nah melalui koperasi ini nantinya bisa mewujudkan itu," ungkapnya.

Untuk mendirikan koperasi, lanjut Harmen, itu semua persoalan mudah, namun yang sulit itu menjadikan pengurus yang handal dan faham tentang itu.

"SDM harus berkwalitas, makanya nanti mereka akan kita latih," lanjutnya.

Penulis: muzakkir
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help