TribunJambi/

Gunakan Lampu Strobo, Pengendara Ini Langsung Ditilang

Satuan Wilayah Lantas Jakarta Utara menggelar razia penggunaan lampu rotator dan strobo di Jalan Yos Sudarso, Kelapa Gading,

Gunakan Lampu Strobo, Pengendara Ini Langsung Ditilang
TMC
Ilustrasi penggunaan lampu strobo 

TRIBUNJAMBI.COM, KELAPA GADING -- Satuan Wilayah Lantas Jakarta Utara menggelar razia penggunaan lampu rotator dan strobo di Jalan Yos Sudarso, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (13/10).

Dalam razia itu, pengendara mobil, Safia (19) ditilang karena kedapatan memakai lampu strobo.

Pengendara mobil Honda Accord bernopol B 8402 NW itu langsung diberhentikan petugas. Setelahnya petugas langsung mencopot lampu strobo yang dipasang di dashbord mobil. Petugas menilang pengendara atas pelanggarannya tersebut.

Safia sendiri mengaku tidak tahu menahu bahwa penggunaan lampu strobo dilarang. Apalagi lampu strobo tersebut sudah dipasang sejak lama di mobil milik keluarganya tersebut.

"Udah lumayan lama pakai, nggak tahu kalau peraturannya nggak boleh. Tapi, selama ini, juga nggak pernah pakai lampunya," ungkapnya, Jumat (13/10/2017).

Kanit Turjawali (Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli) Satuan Wilayah Lantas Jakarta Utara, AKP Sugianto mengatakan sejak Rabu (11/10/2017), hingga saat ini, pihaknya melakukan penilangan terhadap lima orang pengendara.

"Jumlah itu terdiri dari dua kendaraan di kawasan Pademangan, dua kendaraan di kawasan Kelapa Gading ditambah satu kendaran di sini yang terjaring razia. Semuanya ditilang dan diperintahkan copot," ungkapnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang memiliki atau ada keinginan, dimohon untuk dihentikan dan yang sudah punya agar segera dicopot sendiri.

Penggunaan lampu strobo dan rotator sudah tertuang dalam Pasal 287 ayat 4 Jo Pasal 59 dan Pasal 106 ayat 4 huruf f atau Pasal 134 dengan ancaman pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

"Penggunaan lampu strobo dan rotator membuat polisi nggak berwibawa, para pengguna ingin fasilitas prioritas. Padahal ketentuannya sudah diatur undang-undang bahwa yang berhak hanya petugas, ambulans dan petugas jalan tol," ucapnya.

Selain razia lampu strobo dan rotator, petugas juga melakukan penindakan tilang terhadap 95 kendaraan yang melintas di Jalan Yos Sudarso, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Pelanggaran yang dilakukan bermacam-macam mulai dari tidak menggunakan helm, tidak menyalakan lampu hingga tidak membawa SIM.

Editor: suci
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help