TribunJambi/
Home »

Jambi

» Bungo

300 KK Petani Karet Bungo Akan Dibantu Bibit

Adanya bantuan bibit karet dari pemerintah provinsi Jambi belum diketahui kapan turunnya. Namun, pemerintah kabupaten

300 KK Petani Karet Bungo Akan Dibantu Bibit
TRIBUN JAMBI/HANIF BURHANI
petani karet 

Laporan Wartawan Triun Jambi, Jaka HB 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Adanya bantuan bibit karet dari pemerintah provinsi Jambi belum diketahui kapan turunnya. Namun, pemerintah kabupaten Bungo sudah mempersiapkan penerimaan itu.

“Ada 300 KK (Kepala keluarga) yang akan menerima bantuan tersebut,” ungkap Asrori selaku kabid perkebunan pada dinas ketahanan pangan, holtikultura dan perkebunan, pada Kamis (12/10).

"1 kk dibantu 1 ha,  dalam1 ha ada 500 batang," ungkapnya.

Dia mengatakan 300 KK tersebut terbagi dalam beberapa kelompok tani. “Ada di empat kecamatan. Bathin II Babeko, Muko-muko bathin VII, Tanah Sepenggal Lintas dan Pelepat,” katanya.

Asrori mengatakan awalnya da kesulitan dalam mendata petani yang ada. Terkadang ada yang membatalkan karena tidak tertarik lagi pada karet.

“Ada yang mau beralih ke sawit,” katanya.

Meski pun begitu pihaknya sudah mengirimkan data ke pemerintah provinsi. “Sudah mengirimkan data kelompok tani dan kkoordinat-koordinat kebun yang nanti akan menerima bibit. Kalau sudah turun sekitar dua minggu distribusi bibit selesai,” ungkapnya.

“Satu armada saja bisa 3000 bibit,” ungkapnya.

Mengenai jumlah bibit dan kapan bantuan akan turun belum ada tanggal tepat dari pemerintah provinsi. “Tapi kita sudah siap,” ungkapnya.

Pabrik karet di Bungo sendiri hanya ada empat yang terdata oleh pihaknya. Seperti PT Crum Rubber di Senamat, PT Jambi Waras di Jujuhan, PT Star Rubber di Pelepat dan Mega Sawindo Perkasa.

Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help