TribunJambi/

Monadi Disebut Berpasangan dengan Subur, Adirozal Diminta Gandeng Ami Taher

Peta politik jelang tahapan Pilkada 2018 mulai nampak terang. Bakal calon bupati mulai melirik calon pasangan wakil bupati

Monadi Disebut Berpasangan dengan Subur, Adirozal Diminta Gandeng Ami Taher
TRIBUNJAMBI/HENDRI DEDE
Tokoh politik Kerinci

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Peta politik jelang tahapan Pilkada 2018 mulai nampak terang. Bakal calon bupati mulai melirik calon pasangan wakil bupati Kerinci. Bakal calon bupati Monadi disebut-sebut akan berpasangan dengan Subur Budiman, apalagi setelah adanya pertemuan silaturahmi Monadi dengan Subur yang didukung Asafri Jaya Bakri yang notaben politisi Partai Demokrat Sungai Penuh.

Selain itu petahana Adirozal juga disebut akan berpasangan dengan Ami Taher. Lantaran adanya keinginan tokoh tengah. Sedangkan Zanal Abidin dikabarkan berpasangan dengan Fadli Sudria yang memiliki basis Siulak dan Kayu Aro.

Monadi Murasman dikonfirmasi Tribun terkait beredarnya poto akrabnya bersama Subur dan AJB, membenarkan adanya pertemuan tersebut. Dia mengatakan itu saat dirinya silaturahmi di kediaman rumah dinas AJB, saat itu juga ada Subur Budiman.

Monadi mengaku soal calon wakil bupati yang akan berpasangan dengannya saat ini belum bisa dipastikan. Masih menunggu koalisi partai. "Itu pertemuan silatutahmi. Karena aku ado di Sungai Penuh. (Soal wakil) masih mengalir, kan masih nunggu koalisi. Sudah jelas koalisi partai, baru nanti kita lihat (pasangan). Saat ini kita masih melihat dulu," jelasnya

Sedangkan Subur Budiman ditanya terkait pertemuan itu mengatakan silaturahmi dan diskusi bersama. Dirinya pun mengatakan sangat menghargai kalau nantinya diminta untuk mendampingi Monadi untuk maju Pilkada Kerinci 2018.

Tokoh politik Kerinci
Tokoh politik Kerinci (TRIBUNJAMBI/HENDRI DEDE)

"Kita sangat menghargai andai jika Monadi meminta unk mendampingi beliau unk maju bupati kerinci 2018. Namun rencana berpasangan dengan siapapun perlu di kaji ke belakang bahwa Hanura dan PAN sudah berkoalisi. Jadi untuk menjadi 01 atau 02 adalah keputusan mekanisme partai koalisi PAN," jelasnya

Subur menyampaikan untuk membangun Kerinci tidak hanya harus maju nomor satu atau nomor dua. "pun jika satu visi misi yang seimbang akan mewujudkan pembanguan yang berkesinambungan. pada intinya semua akan berjalan sesui skenario Tuhan, bukan rencana manusia," katanya

Ditanya apakah sejauh ini paryai hanura kerinci sendiri sdh mmtuskan pilihan ke Monadi. Ketua Hanura Kerinci ini mengatakan keputusa itu menunggu partai koalisi. "Hanura koalisi dengan PAN. Jadi keputusannya adalah bersama, ketika koalisi maka segala keputusan dipertimbangkan bersama," ungkapnya

Sementara itu untuk pasangan Adirozal yang digulirkan tokoh Semurup dengan Ami Taher juga mencuat saat ini. Petahana Adirozal saat dikonfirmasi soal ini mengatakan bahwa itu wacana bisa saja terjadi.

Adirozal membenarkan adanya permintaan dari tokoh Semurup, supaya dirinya menggandeng salah satu putra Semurup di Pilkada Kerinci mendatang. “Ada permintaan kemarin di Semurup. Itu tidak ada pernyataan dengan si A dan si B. Tapi yang ada adalah meminta orang Semurup (Cawabup). Begitu juga di Depati Tujuh. Depati tujuh juga minta putra Depati Tujuh untuk mendampingi saya,” jelasnya.

Meski sudah memastikan akan maju di Pilkada Kabupaten Kerinci, dikatakan Adiroz untuk calon Wakil Bupati yang akan mendapinginya terlebih dahulu akan mengkomunikasika dengan partai politik. “Bagi saya, tidak ada partai yang bisa mencalonkan mutlak sendiri dan harus berkoalisi. Ketika berkoalisi tentu partai koalisi ini harus berbicara dengan calon Bupati yang diusung. Siapa calon wakilnya, partai tentu ingin menang, tentulah siapa yang memiliki potensi yang menang itulah yang kita ambil,” terangnya

Adirozal katakan, dalam memilih calon wakil bupati, tak hanya memandang calon wakil bupati tersebut hanya memiliki massa pendukung. Akan tetapi yang bisa bekerjasama dalam membangun Kerinci lima tahun kedepan. Pasalnya Adirozal mengaku ingin mengkaderkan wakil bupati sebagai bupati guna meneruskan pembangunan Kerinci kedepan.

“Tentu setiap calon ingin menang. Begitu juga dengan saya sendiri. Terpenting, calon wakil nantinya adalah calon yang enak bekerja setelah itu (membangun Kerinci). Tentu saya harapkan wakil itu untuk mampu melanjutkan estapet saya. Artinya saya tidak hanya berpikiran untuk menang, tetapi mampu untuk bekerja selanjutnya," katanya usai paripurna di DPRD Kerinci.

Sebelumnya pengamat politik Jambi, Jafar Ahmad mengatakan bahwa kemungkinan calon bupati paling banyak tiga pasangan calon atau empat. Nama-nama bakal calon bupati yang juga sudah kelihatan. Seperti Adirozal, Monadi, Zainal, Yafyani dan Ami Taher.

Sedangkan untuk Kerinci Hilir sepertinya satu calon karena kerinci hilir sudah membuat kesepakatan bahwa hasil survei yang menentukan. "Apakah zainal atau tafyani yang muncul nantinya," tandasnya. 

Penulis: hendri dede
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help