TribunJambi/

Hujan Mengelilingi Jambi, Waspada Banjir

Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi minta agar masyarakat untuk

Hujan Mengelilingi Jambi, Waspada Banjir
TRIBUNJAMBI/HERUPITRA
Ilustrasi banjir 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi minta agar masyarakat untuk mewaspadai bencana banjir.

Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah mengatakan, untuk mengantisifasi terjadinya bencana ini, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan BMKG untuk mengetahui intensitas curah hujan di wilayah Provinsi Jambi.

Selain akan berkoordinasi dengan BMKG, pihaknya juga akan mengumpulkan semua kepala BPBD se-Provinsi Jambi. Hal itu untuk mengantisifasi terjadinya bencana dimasing-masing wilayah.

“Dalam waktu dekat kita akan kumpulkan semua kepala BPBD se Provinsi Jambi,” kata Bachyuni, Kamis (12/10).

Selaian banjir, juga ada bencana longsor yang akan menghantui masyatakat, namun demikian dirinya hingga saat ini belum punya data daerah mana yang akan terjadi longsor.

“Nanti setelah kita ngumpulin kepala BPBD se Jambi baru diketahui dimana saja titiknya,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pemprov Jambi bisa saja menetapkan status siaga darurat banjir apabila intensitas hujan di Jambi semakin meningkat, namun mereka juga harus melakukan rapat dan koordinasi dengan instansi terkait seperti BMKG.

Untuk bencana banjir, dirinya masih berpatok dengan kejadian tahun-tahun sebelumnya, yaitu daerah aliran sungai Batanghari, dan daerah-daerah bantaran sungai kecil lainnya, seperti Batang Merangin, Batang Tebo dan lain sebagainya.

Dalam mengantisipasi terjadi bencana banjir dan longsor, pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi bencana ke masyarakat mulai dari tingkat bawah.

Terpisah Kepala BMKG Provinsi Jambi Stasium Muaro Jambi Syafrial mengatakan, saat ini Jambi tengah memasuki musim penghujan.

Kata dia, pemantauan Hari Tanpa Hujan Berturut-turut update pada dasarian I bulan Oktober 2017 menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah Provinsi Jambi masih terjadi hujan. Wilayah yang mengalami Hari Tanpa Hujan Berturut-turut dengan Kriteria Sangat Pendek (1 - 5 hari) yaitu sebagian Kota Jambi, Muaro Jambi, Batanghari, Sarolangun, Merangin, Bungo, Tebo, Tanjab Barat dan Tanjab Timur.

“Sebagian besar wilayah Provinsi Jambi terjadi hujan dengan kategori Menengah (51 - 150 mm/ das). Wilayah yang mengalami hujan dengan kategori Rendah (1-50 mm/ das) terjadi di sebagian Tanjab Timur (Ma. Sabak Barat) dan Merangin (Nalo Tantan),” kata Syafrial.

Sementara untuk wilayah yang mengalami hujan dengan kategori Tinggi (151-300 mm/das) terjadi di sebagian Sarolangun (Pauh, Mandiangin), Merangin (Tabir Dusun Baru), Bungo (Muaro Bungo, Bathin III, Muko-muko, Rimbo Tengah, Pasar Ma. Bungo) dan Tebo(Serai Serumpun dan Rimbo ilir).

“Wilayah yang mengalami hujan dengan kategori Sangat Tinggi (>300 mm/das) terjadi di sebagian Merangin (Sungai Tenang),” pungkasnya. 

Penulis: muzakkir
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help