TribunJambi/
Home »

Jambi

» Bungo

Gusriyandi: Evaluasi Internal BUMD

Meski pun kecewa terhadap pansus, Gusriyandi Rifai selaku ketua fraksi PDIP mengatakan sudah memiliki rekomendasi

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABUNGO - Meski pun kecewa terhadap pansus, Gusriyandi Rifai selaku ketua fraksi PDIP mengatakan sudah memiliki rekomendasi untuk BUMD Bungo sendiri. Dia berharap internal BUMD dievaluasi seluruhnya dan mengalihkan investasi yang tidak efektif mendatangkan PAD.

“Seharusnya masuk juga inspektorat disini,” ungkapnya, pada Kamis (12/10).

Dia meminta inspektorat untuk melakukan audit menyeluruh. “Inspektorat harus bekerja. Melihat mengapa investasi yang besar tidak seimbang dengan pendapatn daerah yang diterima dari BUMD sendiri,” katanya.

Dia mengatakan hal ini akan memperjelas maasalah yang ada di dalam BUMD tersebut. “Apakah pejabatnya yang tidak profesional atau ada masalah lain di dalamnya,” katanya.

Dia mengatakan unit usaha BUMD Bungo sangat banyak. Mulai dari taksi bandara, ruko-ruko di Bungo, area parkir wiltop, pabrik sawit, pupuk hingga pengelolaan pembangkit listrik di Kuamang Kuning. “Itu BUMD semua yang mengelola,” ungkapnya.

Gusriyandi mengaku heran dengan investasi pemerintah kabupaten yang mencapai kisaran 20 miliar, hanya meraih pendapatan asli daerah (PAD) hanya sekitar 170 juta per tahun. Dia merasa ada ketimpangan antara investasi dan pendapatan.

Lantas Gusriyandi menambahkan selain dievaluasi, ada baiknya investasi yang tidak efektif dialihkan ke investasi lain.  “Mungkin penanaman modal di Bank Jambi atau yang lain yang dapat mendatangkan PAD lebih besar Jika efektif, tentu ada peningkatan PAD. Peerintah juga dapat manfaatnya,” ungkap politisi PDI Perjuangan ini.

Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help