TribunJambi/

DPT Diprediksi Naik hingga 10 Persen, Pemilih Pemula Penyumbang Terbanyak

Perebutan suara pemilih pada Pemilihan umum (Pemilu) bupati dan wakil bupati Merangin, 27 Juni 2018 mendatang, diprediksi

DPT Diprediksi Naik hingga 10 Persen, Pemilih Pemula Penyumbang Terbanyak
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Ilustrasi 

Laporan wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Perebutan suara pemilih pada Pemilihan umum (Pemilu) bupati dan wakil bupati Merangin, 27 Juni 2018 mendatang, diprediksi bakal berjalan sengit terutama di tingkatan pemilih pemula.

Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merangin, memprediksikan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada kali ini bakal meningkat. Peningkatannya bisa 5 persen sampai dengan 10 persen dari DPT Pilpres tahun 2015 lalu. Sebagian besar dari pemilih pemula.

Hal tersebut dikatakan, ketua KPU Kabupaten Merangin, Iron Sahroni. Iron menyebut, potensi kenaikan jumlah pemilih pemula merupakan potensi terbesar, dibanding faktor lain.

“Ya umumnya DPT terus bertambah, karena potensi terbesar penambahan itu dari pemilih pemula. Sebab yang waktu Pilpres dulu umurnya belum cukup, sekarang sudah cukup umurnya untuk memilih,” ungkap Iron.

Selain pemilih pemula kata Iron, penambahan pemilih juga bisa dari pemilih yang pindah datang ke Merangin.

“Selain pemilih pemula, DPT juga bisa berambah dari penduduk yang pindah ke Merangin. Potensi penambahannya diprediksi bisa 5 persen atau sampai 10 persen dari DPT Pilpres,” ujar Iron.

Dilanjutkan Iron, DPT sementara hasil Pilpres 2015 lalu jumlahnya 243,256 jiwa penduduk Merangin yang memiliki hak pilih.

“Kalau Pilpres dulu DPT 243,256 jiwa. Nah nanti di Pilpub bisa dihitung dan tentu bertambah,” sebutnya.

Iron menghimbau, bagi warga Kaupaten Merangin yang belum memiliki e-KTP agar segera mengurusnya.

“Warga yang belum memiliki e-KTP sebaiknya segera diurus, karena kalau ada yang tidak masuk DPT bisa memilih dengan e-KTP. Syarat memilih sudah harus berumur 17 tahun atau sudah menikah,” tutupnya.

Penulis: heru
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help