Dana BOS Harus Disesuaikan dengan RKAS

Penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS), mulai tahun ini, harus disesuaikan dengan rancangan kegiatan anggaran sekolah

Dana BOS Harus Disesuaikan dengan RKAS
ELFRIDE SIAGIAN
Suasana pengenalan lingkungan sekolah pada satu di antara SMA di Kota Jambi, Senin (17/7) 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Deni Satria Budi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS), mulai tahun ini, harus disesuaikan dengan rancangan kegiatan anggaran sekolah (RKAS) yang telah dibuat. Sehingga, dana BOS yang telah disalurkan dapat dipertanggugjawabkan oleh sekolah-sekolah. Hal itu disampaikan dalam sosialisasi dana BOS untuk SMP di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi.

Dr Arianto MPd, Kabid SMP Disdik Kota Jambi, mengatakan, dana BOS yang telah disalurkan baiknya dipergunakan dengan tertib sesuai kebutuhan operasional sekolah dan sesuai dengan petunjuk teknis yang ada tanpa membuat kebijakan baru. Atau sesuai dengan RKA sekolah yang telah dibuat.

Kegiatan yang diikuti Kepala maupun Bendahara Sekolah ini bilang Aprianto, memaparkan materi yang berbeda dengan sosialisasi pada tahun sebelumnya, karena penggunaan dana BOS tahun 2017 melalui penyusunan RKA oleh tiap sekolah.

"Dalam kegiatan ini yang menjadi pemateri selain dari Disdik, juga ada dari inspektorat, DPKAD, dan Bapeda. Kita tidak ingin nanti ada temuan-temuan dalam penyaluran dana BOS," sebut Arianto, Rabu (11/10), seraya mengatakan bahwa seluruh SMP baik negeri maupun swasta yang mengikuti sosialisasi tersebut selama tiga hari 10-12 Oktober 2017.

Pembelanjaan sekolah dengan dana BOS sebut Arianto, nantinya akan disesuaikan dengan aset. Apa yang telah dilakukan dalam pembelanjaan sekolah (K7) nantinya di kroscek di aset sekolah (K9).

"Untuk pengawasan, diharapkan semua pihak mengawasinya selain pengawas sekolah," tutur Arianto.

Tags
dana BOS
Penulis: budi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved