TribunJambi/

Menteri PU Puji Danau Sipin. Zola Minta Dukungan Pemkot dan Masyarakat

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memuji Kota Jambi yang mempunyai banyak kekayaan.

Menteri PU Puji Danau Sipin. Zola Minta Dukungan Pemkot dan Masyarakat
menteri kunjungi danau sipin 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memuji Kota Jambi yang mempunyai banyak kekayaan.

Satu diantaranya adalah Danau Sipin. Kata Menteri, sangat jarang di Indonesia punya danau yang terletak ditengah kota, maka dari itu, danau ini perlu dipelihara dengan betul.

"Membuat bendungan itu tidak gampang, tapi kita terpaksa membuat bendungan untuk menampung air. Tapi di sini ada buatan alam, dan ini harus kita pelihara dengan baik," kata Basuki saat mengunjungi Danau Sipin Kota Jambi.

Dalam kunjungan itu, Basuki mengomentari soal banyaknya kerambah yang berada ditengah danau. Kata dia, keberadaan kerambah-kerambah ikan milik individu di Danau Sipin ini perlu ditata ulang karena dikhawatirkan merusak kualitas air.

"Mestinya ada maksimum kerambah yang dibolehkan, kalau enggak rusak kualitas airnya, padahal ini salah satu untuk air baku Jambi," ungkap dia.

Menurutnya, usaha keramba itu milik individual, sedangkan danau punya publik. Sebab itu kepunyaan publik harus diutamakan dari kepunyaan individual.

"Kita perlu atur keramba-keramba ini, pasti lumayan keras dikit dengan masyarakat tapi ngak papa, demi untuk kebaikan ke depan harus kita jaga betul," ujarnya.

Suasana Danau Sipin
Suasana Danau Sipin (TRIBUNJAMBI/HANIF BURHANI)

Dikatakan Menteri, tidak banyak kota di Indonesia yang punya danau di tengah kota seperti Danau Sipin. Dan saat ini kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) sudah mengamankan pinggiran danau dengan membangun bronjong dan ke dalam waktu berencana membersihkan danau itu.

Menteri juga mengatakan kawasan Danau Sipin dengan luas 89,2 hektare itu bisa untuk rekreasi orang Jambi dan menjadi arena dayung, sehingga mampu meningkatkan perekonomian warga sekitar.

"Yang jelas kita atur zona-zona untuk kerambah, enggak boleh lagi seperti ini, rusak nanti. Nanti kita atur pembangunannya seperti apa. Jaka Baring saja bisa kita bangun dengan baik, di sini harus lebih baik," tegasnya.

‎Terpisah, Gubernur Jambi Zumi Zola menyebut, pemprov akan berkoordinasi dengan pemerintah kota untuk menata Danau Sipin, termasuk menata kermbah. Kata dia, nantinya memang tidak boleh kerambah bertambah banyak didalam danau itu.

"Akan kita kelola dengan baik. Jangan ada yang merusak disana," kata Zola.

menteri kunjungi danau sipin
menteri kunjungi danau sipin ()

Untuk menata ini, pemprov akan berkoordinasi dengan pemerintah kota sebagai pemegang wilyah dan meminta dukungan dari masyarakat. Lebih lanjut Zola mengatakan, untuk membangun dengan luasan yang tak sedikit itu, tidak akan cukup menggunakan dana dari APBD Pemprov maupun Kota Jambi, akan tetapi perlu suntikan dan dari pemerintah pusat.

"Saya minta kepada menteri, jangan Palembang aja yang dibangun Jakabaring, Jambi juga dibantu dong," kata Zola.

Menurut Zola, danau nan indah itu nantinya akan disulap dengan tempat wisata, nantinya akan ada tempat-tempat cantik yang didirikan. Dan ini akan menambah ikon Provinsi Jambi.

Penulis: muzakkir
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help