TribunJambi/

Waspada Penyebab Osteoporosis dan Upaya Pencegahan

Ada beberapa faktor penyebab osteophorosis. Diantaranya keturunan, pada wanita hormonnya turun, pada laki-laki hormon testoteronnya

Waspada Penyebab Osteoporosis dan Upaya Pencegahan
ist
Osteoporosis

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Ada beberapa faktor penyebab osteophorosis. Diantaranya keturunan, pada wanita hormonnya turun, pada laki-laki hormon testoteronnya juga turun, kurang cahaya matahari, serta kurang makanan yang berkasium.

“Mereka yang ada penyakit lupus, asma, epilepsi juga akan mudah terkena osteoporosis. Bagi yang ibunya terkena osteoporosis, jika pola hidup anaknya benar dan cukup kalsium maka akan jadi tidak beresiko,” ungkap Dokter Spesialis orthopedi konsultan tulang belakang, DR. Dr. Charles Simanjuntak, Sp. OT, SPINE, MPd.

Upaya yang dilakukan agar terhindar dari osteoporosis adalah dengan cukup mengkosumsi kalsium 1500 hingga 2000 mg perhari. “Baik anak-anak dan orang tua, Kebutuhan sama yaitu 1500 hingga 2000 mg kalsium perhari, kecuali ibu hamil dan menyusui kebutuhannya sampai 2500 mg,” jelasnya.

Dokter tersebut menyebutkan kalsium tersebut didapat dari mengkonsumsi ikan siluang kecil yang dimakan bersama dengan tulangnya, ikan teri tawar, daun pete cina, serta ikan lambak yang dimakan bersama kulitnya.

Sedangkan makanan yang harus dihindari adalah minuman kaleng, kopi serta garam. Karena makanan tersebut bisa dikatakan mencuri kalsium.

Cara lain yang disarankan adalah dengan berolahraga. “Olahraga yang tidak berat, tiga kali dalam seminggu gerakan jalan cepat 30-45 menit mungkin sekitar 4 km. Di amerika, untuk mencegah terjadinya jatuh yang mengakibatkan patah tulang pada usia lanjut adalah olahraga keseimbangan seperti taichi dan waitangkung” ujarnya.

Ia menyebutkan pada tahun 2000 di amerika hampir 60 persen walaupun disana minum susu namun mereka kekurangan kalsium. Beda dengan Indonesia yang mempunyai matahari bagus untuk tulang. “sinar matahari yang baik untuk tulang dibawah jam 10 pagi,” ungkapnya.

Penulis: Nurlailis
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help