TribunJambi/

Inilah Fase Pembentukan Tulang Pada Manusia

Tulang sudah terbentuk sejak dari dalam kandungan usia lima minggu. Namun masih berbentuk tulang rawan, yang nantinya

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tulang sudah terbentuk sejak dari dalam kandungan usia lima minggu. Namun masih berbentuk tulang rawan, yang nantinya berubah menjadi tulang. Setelah itu mengalami pertumbuhan. Ada yang pertumbuhannya memanjang ada yang melebar. Jadi setelah usia mulai berjalan sampai usia 16-17 pada wanita, 19 -20 pada laki-laki tulang akan betumbuh terus.

“Pada wanita begitu dapat mentruasi dia pertumbuhannya akan cepat. Anak perempuan 11 tahun dengan anak laki-laki 11 tahun akan beda tingginya,” ujar Dokter Spesialis orthopedi konsultan tulang belakang, DR. Dr. Charles Simanjuntak, Sp. OT, SPINE.

Ia menjelaskan tentang osteoblast (pembentuk tulang) dan osteoclast (penghancur tulang). “Blast ini bergerak cepat sampai usia 30 tahun, sama antara laki-laki dan perempuan. Setelahnya osteoclast yang bekerja,” jelasnya.

Terlebih lagi menurutnya, jika anak aktif, bermain loncat tali misalnya, makan perkembangannya akan lebih cepat dibandingkan mereka yang duduk manis tidak banyak aktifitas.

Penulis: Nurlailis
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help