TribunJambi/

Bergerak Adalah Hidup, Hidup Berarti Bergerak. Selamat Hari Osteoporosis Dunia

Hari osteoporosis sedunia setiap tahunnya diperingati pada 20 Oktober. Peringatan ini pertama kali diluncurkan pada 1996

Bergerak Adalah Hidup, Hidup Berarti Bergerak. Selamat Hari Osteoporosis Dunia
ist
Pertumbuhan tulang 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Hari osteoporosis sedunia setiap tahunnya diperingati pada 20 Oktober.  Peringatan ini pertama kali diluncurkan pada 1996 oleh united kingdoms’s national osteoporosis society dan selanjutnya diselenggarakan oleh international osteoporosis foundation.

Peringatan hari osteoporosis sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global tentang pencegahan, diagnosis dan pengobatan osteoporosis.

Satu diantara doketer siloam hospital Jambi, Dokter Spesialis orthopedi konsultan tulang belakang, DR. Dr. Charles Simanjuntak, Sp. OT, SPINE, MPd mengatakan Osteoporosis tidak pernah menimbulkan keluhan kecuali bongkok dan bila terjadi patah tulang terutama pada daerah pergelangan tangan, tulang belakang dan pangkal paha.

“Cara dini mendeteksi  seseorang terkena osteoporosis secara akurat adalah dengan dexa (dual energy x-ray absorbsymetry), akan diperiksa seluruh tubuh, tulang belakangnya, pergelangan tangan serta panggul,” jelasnya kepada TRIBUNNEWS.COM.

Adapun satu diantara metode yang digunakan jika seseorang telah terkena osteoporosis adalah Kyphoplasty. Kyphoplasty adalah prosedur bedah yang digunakan untuk mengobati fraktur kompresi tulang belakang baik penuh maupun parsial. Prosedur ini juga dikenal dengan ballon kyphoplasty yang menggambarkan pendekatan yang digunakan untuk melakukannya.

“kyphoplasty itu menambahkan sesuatu ke dalam tulang sehingga tinggi tulang belakang normal kembali,” ungkap Ketua perkumpulan dokter Osteoporosis seluruh indonesia (perosi) wilayah Jambi tersebut.

Penulis: Nurlailis
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help