TribunJambi/

Netizen Indonesia Ribut Cendol Diklaim Malaysia, Tapi Minumnya Bubble Tea Thailand, Capek Deh!

Masih ingat nggak ketika salah satu media luar negeri, Insider, bilang cendol berasal dari Malaysia?

Netizen Indonesia Ribut Cendol Diklaim Malaysia, Tapi Minumnya Bubble Tea Thailand, Capek Deh!
Hai-Online

TRIBUNJAMBI.COM - Masih ingat nggak ketika salah satu media luar negeri, Insider, bilang cendol berasal dari Malaysia? Berita yang ditayangkan lewat video singkat Instagram @thisisinsiderfood beberapa waktu lalu itu kemudian menuai protes keras dari netizen Indonesia.

Terus, pihak Insider akhirnya merevisi keterangan video dan menuliskan cendol berasal dari Asia Tenggara.

Di antara banyaknya komentar netizen Indonesia, ada satu komentar yang menarik yakni dari akun @RadjaCendol atau Randol.

Randol adalah gerai minuman cendol terbesar di Indonesia saat ini.

"Hampir semua komentar protes bahwa Malaysia terus menerus mengklaim apa yang jadi milik kita, salah satunya cendol, minuman kebanggaan Indonesia. Ironisnya justru banyak orang Indonesia menggangap remeh cendol, dan lebih memilih antre panjang membeli minuman dari negeri tetangga seperti minuman Taiwan atau Thailand," begitu tulis akun Instagram Radja Cendol.

Seakan menohok netizen, KompasTravel menghubungi pendiri Radja Cendol Danu Sofwan (30) pada Jumat (29/7/2017). Ia angkat bicara perihal cendol yang diklaim dari Malaysia.

"Berita ini sebenarnya sudah lumayan lama, ketika tahun 2013 mencari tahu produk tradisional, saya nemuin artikel di internet. Cendol akan diklaim Malaysia," jelas Danu.

Setelah baca artikel tersebut semakin membulatkan tekad Danu untuk membuka gerai minuman cendol.

"Saya mencoba bersuara lewat berusaha, yakni lewat jualan cendol," tuturnya.

Sebenarnya bukan hal aneh kalo cendol diklaim Malaysia. Sebab, menurut Danu, orang Malaysia ternyata sangat mengapresiasi cendol.

Halaman
12
Editor: bandot
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help