TribunJambi/

Puluhan Ton Kulit Manis di Kerinci Digasak Kawanan Maling

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Kenaikan harga kulit manis di tingkat nasional, tidak hanya memberikan dampak

Puluhan Ton Kulit Manis di Kerinci Digasak Kawanan Maling
TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA
15052017_kayu manis

Laporan wartawan Tribun Dede

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Kenaikan harga kulit manis di tingkat nasional, tidak hanya memberikan dampak baik bagi petani. Tapi hal inipun dimanfaatkan kawanan maling mencuri kulit manis di kebun petani. Bahkan kawanan maling membawa hasil kejahatannya sampai puluhan ton.

Seperti dialami petani kulit manis di Koto Lebuh Tinggi, Kecamatan Gunung Kerinci, beberapa ton milik petani tinggal kayu. Seorang petani, Rido menyebutkan keluarganya menderita kerugian akibat pencurian casiavera. Ia menaksir kerugian mencapai puluhan juta. Pasalnya, ratusan batang kulit manis sudah berumur dikuliti, lalu dibawa pencuri yang beraksi pada malam di kebun dekat desanya.

"Di ladang kami hari ini lihat, sudah dicuri lagi sekitar 30 batang kulit manis miliknya, sebelumnya banyak juga," ungkapnya kepada Tribun Rabu (27/9).

Dikatakannya, aksi pencurian tersebut sudah sering terjadi di wilayah perkebunan Koto Lebuh Tinggi. Bahkan casiavera milik warga dari yang di kebun hingga di dekat perumahan masyarakat sudah raib digondol pencuri. Bisa dikatakan saat ini warga tidak aman lagi, bahkan casiavera yang ditanam di pinggiran lapangan habis disikat.

Aksi pencurian sendiri dilakukan pelaku pada malam hari, saat suasana desa sedang sepi, saat warga tengah beristirahat di rumahnya. "Sekitar sebulan yang lalu, pelaku sempat ditangkap. Alasan pihak kepolisian, pelaku di bawah umur dilepaskan," terangnya.

Kapolsek Gunung Kerinci, Iptu Yudhistira saat dikonfirmasi terkait permasalahan tersebut mengaku belum menerima laporan dari masyarakat. Namun dirinya mengakui sering ada laporan aksi pencurian kulit manis. "Untuk yang hari ini belum ada laporan," tuturnya

Kata Kapolsek, sebelumnya pernah aksi pencurian ditangkap petani. "Kita juga akan lakukan upaya hukum menindak pelaku, warga jangan takut melapor kalau sudah tahu pelakunya," katanya. (hdp)

Penulis: hendri dede
Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help