TribunJambi/

Dunia Hewan

GALERI FOTO: Kura-kura Langka Ditemukan di Sanggarang Agung Kerinci Bermoncong Runcing

Dua ekor kura-kura ditemukan warga desa Sanggarang Agung, Kecamatan Danau Kerinci, Minggu (24/9). Hewan langka itu ditemukan

GALERI FOTO: Kura-kura Langka Ditemukan di Sanggarang Agung Kerinci Bermoncong Runcing
TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Dua ekor kura-kura ditemukan warga desa Sanggarang Agung, Kecamatan Danau Kerinci, Minggu (24/9). Hewan langka itu ditemukan Erwin seorang warga setempat di ladangnya Sanggarang Agung pada pagi sekitar pukul 9.00 Wib. Erwin kaget melihat dua ekor kura-kura sedang berjalan didalam kebunya.

Kepada Tribun, Erwin mengatakan setelah melihat kura-kura tersebut awalnya dia hanya mengamatinya. Bahkan dirinya sempat memoto lewat handphonenya saat kura-kura tersebut merangkak berjalan. "Kura-kura ada dua ekor, yang satu dak sempat saya ambil poto. Cuma yang satu saja saat itu," katanya kepada Tribun.

Namun tidak lama kemudian langsung diambilnya dan dimasukkan ke dalam ember. Dengan maksud agar tetap bertahan hidup. Erwin mengatakan baru pertamakali menemukan spesies langka ini. Kendati sudah sering pergi ke kebun. "Baru sekali lah masuk kebun, belum pernah jugo dengar kalau uhang lain pernah ketemu sebelumnyo," katanya.

25092017_kura-kura
Kura-kura (TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA)

Dikatakan Erwin bahwa dua ekor kura-kura tersebut memiliki ukuran yang berbeda. Yang satunya berukuran sekitar sejengkal tangan orang dewasa. Sedangkan yang satunya lagi memiliki ukuran yang lebih besar. Saat ditemukan kura-kura berjalan di kebun, menurutnya yang hewan di sekitar ladang tersebut hidup di rawa-rawa, karena ada juga sungai kecil di sana, saat hujan akan tergenang air.

Menurutnya besar kemungkinan kura-kura berasal dari sana. "Ado sungai kecik, rawa kalau hujan tergenang air," ujarnya

Dari kura-kura yang ditemukan tersebut, ada sedikit perbedaan atau yang aneh dibandibg kura-kura umumnya. Karena kura-kura tersebut memiliki muncung yang runcing. Serta mulut yang lebih panjang. "Iya mulutnya runcing," ujarnya.

25092017_kura-kura
Kura-kura (TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA)

Dia juga mengatakan belum mengetahui jenis kelamin kura-kura tersebut. Karena belum tahu caranya. "Belum tahu apa jantan atau betina tadi," katanya.

Erwin menceritakan sebelum menemukan menemukan kura-kura. Pegawai kehutanan Provinsi Jambi ini merasa sudah biasa setiap hari Sabtu dan Minggu bekerja di ladang. "Dakdo firasat pas nak ke ladang ado bae di tengah2 jalan," katanya.

Penulis: hendri dede
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help