Jalan Rusak

30 Persen Jalan di Merangin Rusak

Total ruas jalan kabupaten Merangin saat ini tercatat lebih kurang sepajang 1.184 kilometer. Namun sebagian besar diantaranya masih

30 Persen Jalan di Merangin Rusak
TRIBUN JAMBI/HERUPITRA
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Total ruas jalan kabupaten Merangin saat ini tercatat lebih kurang sepajang 1.184 kilometer. Namun sebagian besar diantaranya masih dalam kondisi rusak.

Total ruas jalan yang bisa dikategorikan jalan mantap sekitar 60 persen. Sedangkan 40 persen lainnya dikategorikan jalan rusak.

Kondisi itu diakui Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Merangin, M Arif, kemarin. Menurut Arif, buruknya kondisi jalan kabupaten saat ini karena keterbatasan anggaran.

Dirincinya, berdasarkan data 2017 kondisi jalan di kabupaten Merangin, sepanjang 302,5 Km kondisi rusak sedang dan 73 Km rusak berat. Sedangkan keadaan baik atau mantap sepanjang 653,8 Km dan 156 Km kondisi sedang.

Dijelaskannya, jika melihat dari jumlah jalan yang rusak dan baik. dalam kondisi baik sebanyak 60 persen sedangkan 30 persen masih sangat perlu penanganan.

“Jalan yang rusak dan baik tersebut terdapat hampir di semua kecamatan,” ungkapnya.

Menurut dia, penanganan terhadap infratruktur jalan kabupaten mengalami kendala karena keterbatasan anggaran. Pemerintah daerah hanya mengharapkan dana dari APBD untuk memperbaiki infrastruktur jalan dan jembatan.

“Setiap tahun memang dianggarkan, tapi alokasi anggaran untuk pembangunan infratruktur masih sangat terbatas. Sebab harus dibagi merata ke program pembangunan lainnya,” jelasnya.

Agar jalan di Kabupaten Merangin semuanya bisa baik lanjutnya, butuh dana yang sangat besar. Sebab untuk pembangunan satu kilometer jalan saja butuh dana Rp 3 miliar.

“Untuk pembangunan jalan satu kilometer itu butuh Rp 3 juta. Itu jalannya sudah diaspal dua lapis atau mantap. Kalikan saja ada berapa kilometer jalan yang harus dibangun,” sebutnya.

Sementara dampak dari kerusakan jalan yang masih terjadi sangat banyak, yakni menganggu transportasi bagi masyarakat.

“Dampaknya ya ke pertumbuhan ekonomi masyarakat. Kalau jalan rusak tentu harga barang juga akan naik karena sulitnya transportasi untuk mengangkut barang,” pungkasnya.

Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help