TribunJambi/

Wanita Terkaya Sejagat Wafat, Ini Perusahaan Kelas Dunia Miliknya

Miliarder dan pengusaha kondang Prancis, Liliane Bettencourt wafat. Wanita terkaya sejagat yang juga pemilik perusahaan kosmetik

Wanita Terkaya Sejagat Wafat, Ini Perusahaan Kelas Dunia Miliknya
wikipedia
Liliane Bettencourt

TRIBUNJAMBI.COM - Miliarder dan pengusaha kondang Prancis, Liliane Bettencourt wafat. Wanita terkaya sejagat yang juga pemilik perusahaan kosmetik dan kecantikan dunia, L'Oreal tersebut mangkat dalam usia 94 tahun, Kamis (21/9).

Bettencourt yang ditasbihkan Forbes sebagai wanita terkaya di dunia merupakan pewaris L'Oreal, perusahaan kecantikan yang didirikan ayah Bettencourt pada satu abad silam. Hitungan Forbes, di awal tahun ini kekayaan bersih Bettencourt mencapai US$ 39,5 miliar.

Bettencourt dan anak-anaknya memiliki 33% saham di L'Oreal. Kematian Bettencourt bakal membuka fase baru bagi L'Oreal dan mengubah hubungan keluarga Bettencourt dengan pemegang saham utama L'Oreal lainnya yakni Nestle. Perusahaan makanan asal Swiss itu tercatat memiliki 23% saham L'Oreal.

Seperti diketahui, Bettencourt memiliki kesepakatan dengan Nestle. Kesepakatan tersebut menyatakan bahwa kedua belah pihak tidak dapat meningkatkan kepemilikan saham mereka di L'Oreal selama Bettencourt masih hidup dan selama enam bulan setelah kematiannya. Gara-gara kesepakatan itu, hubungan Bettencourt dengan Nestle belakangan menjadi dingin.

Putri Bettencourt, Françoise Bettencourt-Meyers mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keluarga mereka tetap berkomitmen pada L'Oreal dan tim manajemennya. "Saya ingin mengulangi komitmen dan kesetiaan kami kepada L'Oreal," tandas Meyers seperti dikutip Reuters.

Nestle telah menjadi pemegang saham L'Oreal sejak tahun 1974. Kla itu Bettencourt menjual hampir setengah kepemilikan sahamnya di L'Oreal ke Nestle. Imbalannya, Bettencourt mengempit 3% saham di Nestle.

Seorang jurubicara Nestle tidak mau mengomentari soal kemungkinan perubahan kepemilikan saham di L'Oreal. "Inilah saatnya untuk menyampaikan belasungkawa tulus kami kepada keluarga Madam Bettencourt," kata dia.

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help