TribunJambi/

Kopi Libtukom Jambi Tembus Pasar Luar Negeri

"Tiga varietas kopi di Jambi, yakni robusta, liberika tungkal komposit (litbtukom) yang masing-masing kopi mempunyai ciri khas tersendiri," katanya be

Kopi Libtukom Jambi Tembus Pasar Luar Negeri
Net
ILUSTRASI 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Dari tiga jenis varietas kopi yang ada di Jambi, kopi libtukom termasuk yang primadona. Bahkan kopi ini pasarnya hingga ke luar negeri.

 Kabid Perbenihan dan Produksi Perkebunan Disbun Provinsi Jambi, Taufik mengatakan libtukom adalah akronim dari liberika tungkal komposit.

"Tiga varietas kopi di Jambi, yakni robusta, liberika tungkal komposit (litbtukom) yang masing-masing kopi mempunyai ciri khas tersendiri," katanya belum lama ini.

 Libtukom merupakan varietas baru yang diperkenalkan oleh tim Dinas Perkebunanan yang terdapat di Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur.

Menurut Taufik saat ini kopi yang diekspor hanya kopi litbtukom karena rasanya cocok untuk selera orang luar. Pasar yang ia maksud adalah  Singapura dan Malaysia.

 "Kopi libtukom mempunyai ciri yang khas dibandingkan kopi yang lain, mulai dari rasanya yang sedikit asam, buahnya lebih besar dan  jika masak warnanya bukan berwarna merah seperti kopi pada umumnya, tetapi merah seperti merah jambu monyet," pungkasnya. (winda wulandari-mg6)

Editor: deddy
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help