TribunJambi/

Ini Sosok Atlet Jambi yang Perkuat Polo Air Nasional

Ia bersyukur pilihannya menjadi seorang atlet mendapatkan dukungan kedua orangtuanya. Terlebih ayahnya seorang guru olahraga.

Ini Sosok Atlet Jambi yang Perkuat Polo Air Nasional
IST
Yusuf Budiman Atlet Jambi yang Perkuat Polo Air Nasional 

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Itulah peribahasa yang cocok untuk sosok Yusuf Budiman. Ayahnya seorang guru olahraga. Adapun Yusuf, tak lain atlet polo air. Dan dia, satu dari  dua orang atlet polo air Jambi yang turut memperkuat tim polo air Indonesia pada Sea Games di Malaysia Agustus lalu.

Tim Polo Air Putra Indonesia meraih perak setelah menumbangkan Filipina pada Sea Games tersebut.

Yusuf, sulung dari pasangan Jasmul dan Suswati Marlina itu punya peran di sana. Seleksi yang ia ikuti Januari lalu membawanya untuk memperkuat Timnas Polo Air.

 Saat ditemui Tribun Kamis (14/9) sore di kolam renang di bilangan Kotabaru, ia masih berkutat dengan aktivitas olahraga air itu. Ia tengah melatih anak-anak bermain polo air. Mengenakan kaos dan celana pendek merah, ia tak sungkan meluangkan waktunya untuk berbagi pengalaman.

 Menjadi atlet polo air sudah menjadi keinginannya sejak lama. Alasannya, kata dia, sederhana saja. Menurutnya olahraga tersebut sesuai dengan postur tubuh yang dimilikinya.

 Ia bersyukur pilihannya menjadi seorang atlet mendapatkan dukungan kedua orangtuanya. Terlebih ayahnya seorang guru olahraga.

 “Tapi memang tidak menutup kemungkinan ada rasa kekhawatiran orangtua terhadap anaknya,” kata dia.   Itulah yang dirasakan oleh ibu Yusuf. Terlebih setelah ayahnya berpulang sejak 2013 lalu. Sementara Yusuf adalah satu-satunya laki-laki di keluarga.

Terlebih, saat mengikuti pelatihan untuk menghadapi sebuah kejuaraan ia harus mengorbankan banyak waktu. Bukan hanya berpisah dengan ibu dan ketiga adiknya, tapi juga harus rela meninggalkan kuliahnya di Unja.

 Mengenai keterlibatannya di tim Polo Air Indonesia, ia mengaku bukanlah hal mundah untuk mencapainya. Ia harus lulus dalam beberapa tahap tes. “Dan tentu  dengan pesaing-pesaing berat yang baru saya kenal,” katanya.

Akan tetapi,  Yusuf mengaku,  ia sangat bangga menjadi salah satu anggota Polo Air Indonesia. Walau di Sea Games lalu meraih medali perak namun itu sudah capaian yang tak bisa dianggap remeh.

 Dan satu hal lagi yang membuat ia benar-benar bangga bisa bergabung timnas karena dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia hanya atlet dari ada tiga provinsi yang terpilih. Selain Jambi, yaitu DKI Jakarta dan Jawa Barat. Di Provinsi Jambi hanya ada dua orang yang masuk ke dalam timnas polo air.

 Jejak prestasi Yusuf bukan tak sedikit. Saking banyak, ia menjawab seingatnya saja. Di antaranya, medali emas pada Asean Inyer Club Age Grub Swimming Championship 2011, di ajang 9 Tahun Betawi Cup 2014 Internasional Water Polo Turnament Men U20, ia mendapat perunggu. Yusuf juga pernah menjadi pencetak gol terbanyak pada Kejuaraan Nasional Polo Air U19 pada 2014.

Adapun penampilannya di Sea Games kali ini adalah yang kedua. Debutnya dimulai pada Sea Games 2015 di Singapura yang juga mendapat perak.  “Harapan saya dan  tim bisa mengalahkan Singapura agar bisa menempati juara pertama dan mendaptkan medali emas,” tandasnya.

(winda wulandari-mg6/trisa tedianti-mg5)

Editor: deddy
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help