TribunJambi/

Di Jambi Bertambah Tambah 109,4 Ribu Orang Pengangguran

"Kenaikan angka pengangguran itu fluktuasi, tidak standar karena sejalan dengan kondisi ekonomi," ujarnya, beberapa waktu lalu.

Di Jambi Bertambah Tambah 109,4 Ribu Orang Pengangguran
KONTAN/FRANSISKUS SIMBOLON
27062016_PENCARI KERJA 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Provinsi Jambi tahun ini, bertambah 109,4 ribu orang dibanding tahun lalu.

Data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi, pada Februari 2017 ada 1,726,6 orang pengangguran.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi, Muhammad Fauzi, mengatakan kenaikan angka pengangguran fluktuasi.

"Kenaikan angka pengangguran itu fluktuasi, tidak standar karena sejalan dengan kondisi ekonomi," ujarnya, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, misalnya pelaku ekonomi angkatan kerja produktif yang tidak melaksanakan kegiatan, lesu karena harga sawit dan karet turun, mengakibatkan malas untuk bekerja. "Hal seperti ini termasuk dalam angka pengangguran," tuturnya

Untuk mengurangi angka pengangguran, dinas melakukan pemberdayaan dari Balai Latihan Kerja (BLK).

"Untuk menekan lajunya angka pengangguran, kami akan melakukan pemberdayaan dari BLK yang berguna untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas dari pencari kerja," tuturnya

Upaya lain untuk mengurangi angka pengangguran, yaitu bekerja sama dengan perusahaan luar negeri. Ada dua program, yaitu TKI dan pemagangan.
"Kita sudah bekerja sama dengan perusahaan Jepang. Dan untuk ke depannya, mungkin dengan perusahaan Korea dan Arab Saudi. Yang kita siapkan adalah program pemagangan. Mereka diletakkan di perusahan asing tersebut. Mereka akan belajar alih teknologi dan kembali ke daerah sebagai motor untuk membuat lapangan kerja," tuturnya
Muhammad Fauzi berharap BLK menjadi madu para pencari kerja. Lulusan BLK, jika keluar, bisa menciptakan lapangan kerja. "Karena kita mendidik mereka bukan hanya bisa menjadi pekerja tetapi juga bisa menjadi pencipta lapangan kerja," ujarnya. (mg5)

Editor: deddy
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help