TribunJambi/

Senam Siginjai Diusulkan Masuk Mulok di Sekolah

Senam Siginjai yang diciptakan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Jambi, diusulkan masuk dalam muatan lokal di sekolah. Hal itu disampaikan

Senam Siginjai Diusulkan Masuk Mulok di Sekolah
14092017_senam 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Deni Satria Budi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Senam Siginjai yang diciptakan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Jambi, diusulkan masuk dalam muatan lokal di sekolah.

Hal itu disampaikan Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Dr Sukendro M Kes AIFO, Kamis (14/9), saat membuka pelatihan senam Siginjai.

Menurut Sukendro, senam Siginjai diharapkan menjadi ciri khas senam Jambi. Dan, diusulkan masuk dalam muatan lokal di sekolah-sekolah.

Saat ini sebut Sukendro, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait yaitu Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

"Senam Siginjai ini diharapkan tahun ajaran baru sudah masuk muatan lokal di sekolah-sekolah. Dari SD sampai SMA sebelum masuk lokal, paginya senam Siginjai," tutur Sukendro, kemarin.

Sugih Suhartini Mpd, Ketua panitia pelatihan senam Siginjai mengatakan, ke depan pihaknya akan melakukan roadshow ke kabupaten kota dalam memperkenalkan senam Siginjai tersebut.

"Pelatihan ini diikuti peserta dari guru olahraga di Kabupaten Muaro Jambi. Dan, para guru ini membawa dua orang muridnya. Jadi, murid-muridnya bisa menularkan senam Siginjak kepada teman-temannya di sekolah," ujar Suhartini. 

Dalam rangka Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Jambi, Kamis (13/9) bertempat di gedung FIK mengadakan pelatihan Senam Siginjai.

Pelatihan tersebut pertamakali dilakukan di Kabupaten Muaro Jambi, dengan para peserta guru dan murid dari SD hingga SMA dan SMK. 

Dr Sukendro M Kes AIFO, Dekan Fakultas FIK dalam sambutannya mengatakan, senam Siginjai merupakan senam yang dikolaborasi dengan lagu dan tari daerah Jambi.

"FIK sejauh ini sudah menciptakan tiga macam senam, yaiti senam Jambi, senam Jambi emas, dan terakhir senam Siginjai. Untuk senam Siginjai ini sudah louncing pada Agustus lalu dan di Kabupaten Muaro Jambi, yang pertamakali diadakan bagi peserta dari sekolah," sebut Sukendro, dalam sambutan yang juga dihadiri staf ahli bupati Muaro Jambi, para dosen dan instansi terkait. 

Penulis: budi
Editor: rida
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help