TribunJambi/

Saksikan Kecepatan Mercedes AMG Project One Bermesin F1, Turbonya Sangar

Mercedes AMG menyatakan Project One sanggup melaju sampai 350 kpj. Mobil juga bisa melaju dari diam ke 200 kpj hanya dengan enam detik!

Saksikan Kecepatan Mercedes AMG Project One Bermesin F1, Turbonya Sangar
Mercedes AMG Project One, pertama di dunia sebagai mobil bermesin F1 yang legal digunakan di jalan raya.(carscoops) 

TRIBUNJAMBI.COM - Setelah melalui ”masa-masa teaser” dan bermain-main dengan bayangan, Mercedes AMG Project One akhirnya melakukan debut di Frankfurt Motor Show, (12/9/2017). Inilah mobil pertama bermesin F1 yang legal digunakan di jalanan umum.

Di balik tampang galaknya, tersimpan penggerak dengan sistem hybrid yang juga ditemukan di Mercedes W08 F1, termasuk mesin turbocharged 1.600 cc V6, plus empat motor listrik.

Dua motor elektrik di depan adalah yang terbaik, mampu ”teriak” lebih dari 50.000 rpm. Bandingkan dengan motor listrik terbaik di pasaran yang hanya mampu memutar 20.000 rpm. Motor listrik ketiga terintegrasi dengan peranti turbo, sedangkan yang keempat berdampingan dengan mesin bakar.

Masing-masing motor di depan memproduksi tenaga 160 tk (120 kW). Lalu berpadu dengan motor listrik di mesin dan yang terpasang pada turbo yang masing-masing punya tenaga 120 tk (90 kW). Sehingga, total tenaga yang bisa dikeluarkan dari empat motor ini saja mencapai lebih dari 1.000 tk!

Sistem tersebut diklaim mampu mengeliminasi turbo lag. Mercedes AMG juga menyebutnya sebagai sesuatu yang levelnya di atas mobil-mobil hybrid lain.

Bodi dibangun dari struktur karbon fiber yang sangat kuat.(carscoops)
Bodi dibangun dari struktur karbon fiber yang sangat kuat.(carscoops) ()

Bagaimana dengan akselerasi? Mercedes AMG menyatakan Project One sanggup melaju sampai 350 kpj. Mobil juga bisa melaju dari diam ke 200 kpj hanya dengan enam detik!

Sistem penggerak all-wheel drive bervariasi dengan vektor torsi dan paket baterai lithium-ion yang cukup besar. Mercedes juga mengatakan bahwa dalam kondisi mengemudi normal, sistem tersebut memulihkan 80 persen energi yang dibutuhkan, yang kemudian dikembalikan ke baterai.

Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi automated 8-percepatan manual. Transmisi ini dikembangkan khusus untuk Project One. Girboks diaktifkan secara hidrolis, menawarkan pengendaraan manual serta otomatis, plus ada paddle shift.

Interior sangat futuristik.(carscoops)
Interior sangat futuristik.(carscoops) ()

Mobil ini dibangun dari bodi monokok karbon fiber berkekuatan tinggi. Interiornya mendapat sepasang layar 10 inci. Setir unik, banyak tombol, bisa mengontrol berbagai fungsi seperti mode berkendara, suspensi, display, serta kantung udara.

Buka link ini untuk saksikan penampilan dan kegarangannya.

Mercedes AMG hanya menyiapkan 275 unit Project One, hanya dengan setir kiri. Harga mencapai 2,7 dollar AS, atau setara Rp 35,6 miliar. Kabarnya, semua unit yang bakal diproduksi sudah habis terjual. (Donny Apriliananda)

Sumber: Carscoops

Berita ini telah tayang di kompas.com dengan judul Pertama di Dunia, Mobil Bermesin F1 Legal Jalanan

Editor: duanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help