TribunJambi/

Beberapa Kebiasaan Awet Muda, Nomor 4 Paling Sering Kita Abaikan

Simak enam kebiasaan di bawah ini untuk mencegah kita terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Beberapa Kebiasaan Awet Muda, Nomor 4 Paling Sering Kita Abaikan
IST
Berjemur. 

TRIBUNJAMBI.COM - Menjadi tua adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari. Namun terlihat lebih tua dibanding teman-teman sebaya adalah sesuatu yang berbeda. Dan kebiasaan itu ternyata bisa kita hindari dan kendalikan.

Seperti sudah sering ditulis, berbagai kebiasaan kita sehari-hari bisa membuat kita terlihat lebih tua daripada usia sebenarnya. Dan menurut American Society for Aesthetic Plastic Surgery, wajah yang tua ternyata membuat orang menjadi kurang percaya diri dan menjadi alasan untuk memperbaikinya dengan kosmetik. Entah itu lewat bedah plastik, suntikan botox, atau berbagai krim penghilang kerutan.

Padahal semua itu bisa dicegah dan kita tidak perlu mengeluarkan lebih banyak uang bila kita berusaha untuk mencegah penuaan sejak dini. Bagaimana caranya awet muda ? Simak enam kebiasaan di bawah ini untuk mencegah kita terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

1. Lindungi dari Matahari

Sinar matahari baik untuk kesehatan kita. Namun dalam jumlah berlebihan bisa merusak kulit. Karenanya kita perlu melindungi kulit menggunakan tabir surya dan pakaian yang tepat saat beraktivitas di luar ruangan.

“Sinar ultraviolet bisa merusak kolagen, elastin, dan sel kulit kita. Ini bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit lewat kerutan, bercak hitam, atau munculnya kanker,” ujar Joshua Zeichner, M.D., direktur riset kosmetik dan klinis di Mount Sinai Hospital.

Dalam penelitian selama empat tahun di Australia terhadap 900 orang, ditemukan bahwa mereka yang selalu menggunakan tabir surya, 24 persen lebih kecil kemungkinannya menunjukkan tanda-tanda penuaan kulit dibanding mereka yang jatang memakai tabir surya.

Ilustrasi.
Ilustrasi. (SHUTTERSTOCK)

2. Cukup tidur

Tidur tidak hanya membuat kita segar kembali, namun juga membantu kita terlihat muda lebih lama. Anda tentu pernah bercermin dan melihat muka lelah saat kurang tidur. Terlihat tua kan?

Kulit kita juga bekerja mengikuti irama tubuh, seperti halnya tubuh kita merasa lelah dan mengantuk di malam hari, dan kembali segar di pagi hari setelah tidur. Saat kita terlelap itulahkulit dan tubuh kita memperbaiki kerusakan yang terjadi, misalnya karena terpaan sinar matahari, polusi, dan sebab lain.

Halaman
1234
Editor: duanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help