TribunJambi/

Peserta Ujian Bisa "Ngintip" Hasil Ujian Pesaing

Ketatnya ujian Computer Assisted Test (CAT) dalam lanjutan tahapan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), untuk jenjang pendidikan Strata 1 da

Peserta Ujian Bisa
TRIBUNJAMBI/HANIF BURHANI
Antrean para pelamar CPNS KemenkumHAM sebelum mengikuti tes yang dilangsungkan di GOR Kotabaru, Kota Jambi, Senin (11/9) 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Eko Prasetyo

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Ketatnya ujian Computer Assisted Test (CAT) dalam lanjutan tahapan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), untuk jenjang pendidikan Strata 1 dan Diploma III Kemenkumham Jambi 2017 membuat pendaftar harus melalui rangkaian pemeriksaan.

Bahkan, selain petugas yang dapat memantau dan memeriksa langsung satu persatu peserta sebelum memulai ujian.

Pendaftar lainnya yang menunggu daftar antrian ujian pun, ternyata ikut memantau hasil ujian pendaftar yang sedang berjalan.

11092017_han8
11092017_han8 (TRIBUNJAMBI/HANIF BURHANI)

Satu peserta yang berbincang dengan tribunjambi.com mengatakan, "kita bisa melihat nilai yang didapat kawan-kawan lain yang sedang ujian,"kata David, alumnus Universitas Jambi ini, Senin (11/9).

Bagi David, walau mengetahui hasil yang didapat oleh pendaftar CPNS Kemenkumham Jambi 2017 yang sedang menjalani Ujian CAT. Dirinya tidak dapat mengukur kemampuan ia dengan pendaftar lain.

Hal itu dikarenakan, sistem ujian CAT, soal yang dijawab pendaftar hanya diketahui mereka (pendaftar.red) yang telah mengikuti ujian.

11092017_han4
11092017_han4 (TRIBUNJAMBI/HANIF BURHANI)

Bahkan, panitia ujian CAT membuat dua jalur masuk untuk peserta tes ujian CAT agar tidak terjadi penumpukan saat memasuki ruangan.

Dua jalur yang dibuat, dianggap memudahkan panitia melakukan pengecekan pendaftar menggunakan suatu alat metal detector. Penggunaan alat ini dipersiapkan agar peserta tidak melakukan kecurangan.

Seperti yang disampaikan Kakanwil Kemenkumham Provinsi Jambi, Bambang Palasara pada pengecekan persiapan ujian CAT, Minggu (10/9). Peserta ujian CAT diminta mengandalkan kemampuan sendiri, karena ujian CAT ini digelar dengan sangat ketat.

11092017_han2
11092017_han2 (TRIBUNJAMBI/HANIF BURHANI)

Ketat yang dimaksud, panitia yang berasal dari Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi pun tidak diperbolehkan masuk ke dalam ruang ujian.

"Pengawas langsung dari BKN, kita hanya penyelenggara dan hanya sebagai panitia saja,"katanya.

Pantauan dari tribunjambi.com di lokasi ujian, banyak dari para pendaftar datang sedari pagi menunggu daftar antrian mengikuti ujian.

Bahkan, pihak Kanwil Kemenkumham Jambi mengajukan dua gedung pola lainnya, seperti gedung Bappeda dan gedung Sekertaris Daerah Provinsi Jambi.

11092017_cpns2
11092017_cpns2 (TRIBUNJAMBI/EKO PRASETYO)

Total pendaftar dari jenjang pendidikan S1 dan DIII sendiri sebanyak 4.023 pendaftar yang telah lolos seleksi administrasi. Dimana para pendaftar mengejar jabatan sebagai pegawai imigrasi dan kemenkumham Jambi.

Penulis: ekoprasetyo
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help