TribunJambi/

Gara-gara Sakit Kulit Tangan Mohammed jadi Kayak Ayam Goreng, Bikin Bulu Kuduk Merinding

Sekilas, kutil-kutil yang pecah itu seperti ayam goreng tepung yang dijual di pinggir-pinggir jalan.

Gara-gara Sakit Kulit Tangan Mohammed jadi Kayak Ayam Goreng, Bikin Bulu Kuduk Merinding
IST
Tangan Mohammed Taluli terlihat seperti pohon. 

TRIBUNJAMBI.COM - Menyedihkan, sudah 10 tahun ini seorang pria asal Gaza, Mohammed Taluli (42 tahun), malu untuk keluar rumah.

Kalaupun terpaksa keluar, ia harus mengenakan sarung tangan khusus.

Hal itu disebabkan Taluli mengidap penyakit “manusia pohon” pada bagian tangannya. Penyakit “manusia pohon” adalah sebutan pagi penyakit kulit yang terlihat seperti kulit pohon yang mengelupas.

Nah, kondisi tangan Taluli terlihat seperti diselimuti “kutil” yang pecah. Kutil-kutil itu seperti merekah di seluruh bagian telapak tangannya.

Sekilas, kutil-kutil yang pecah itu seperti ayam goreng tepung yang dijual di pinggir-pinggir jalan.

Khawatir dengan kondisinya itulah yang membuat Taluli bersembunyi di rumahnya dan berhenti berhenti jalan-jalan di muka umum. Ia takut akan segala situasi yang mungkin terjadi bila ia memperlihatkan kondisi tangannya itu.

Namun kini, operasi yang dijalani membuat Taluli yakin hidupnya akan kembali normal. “Aku sudah menderita penyakit ini hampir 10 tahun,” kata Mohammed Taluli.

“Setelah bertahun-tahun malu dan berdiam di rumah, tidak bisa bekerja dan segan memperlihatkan tanganku kepada orang-orang, aku akhirnya punya harapan akan kembalinya hidupku seperti sebelumnya.”

Dilansir dari Jewish Press, operasi tangan Taluli dipimpin oleh ahli bedah, Dr. Michael Chernofsky di Hadassah University Medical Center di Jerusalem, Israel. Operasi itu untuk membuang semua kutil yang ada pada tangan pria Gaza tersebut.

Dibuangnya kutil itu membuat tangan Taluli jadi tidak memiliki kulit. Untuk itu, tim medis akan memasang kulit baru yang diambil dari bagian lain tubuh Taluli.

Halaman
12
Editor: duanto
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help