Perbankan

Fintech Tidak Pengaruhi Kinerja Bank Konvensional maupun Syariah

Layanan penyaluran kredit melalui financial technology (fintech) tidak mempengaruhi industri perbankan konvensial maupun syariah.

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Layanan penyaluran kredit melalui financial technology (fintech) tidak mempengaruhi industri perbankan konvensial maupun syariah.

Hal ini dikatakan Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi, Darwisman, Senin (14/8). Menurutnya, kehadiran layanan fintech di Jambi tidak akan menganggu, karena baginya saat ini jumlah rekening atau indeks literasi keuangan masyarakat Jambi masih rendah.

"Berkisar 50 persen masyarakat Jambi yang belum tersentuh pembiayaan dari perbankan, ini membantu masyarakat yang butuh layanan cepat dengan dukungan teknologi canggih, " katanya.

Dalam hal ini pihaknya akan memperketat pengawasan penyaluran kredit melalui financial technology (fintech) dan juga mengawasi mitigasi risiko agar nantinya tidak merugikan nasabah.

Selain itu ia mengatakan pihaknya juga akan terus memantau dari perkembangan fintech tersebut.

"Untuk fintech di Jambi masih baru dan saat ini belum tahu nasabahnya ada berapa dan kendalanya seperti apa,yang jelas disini kita lakukan pengawasan jangan sampai ada yang merugikan," katanya. 

Dikatakannya kehadiran layanan penyaluran kredit melalui aplikasi pada smart phone dan website justru akan memacu industri perbankan konvensional maupun syariah lebih baik lagi untuk meningkatakan pelayanan kualitas dan servis yang prima agar tetap diterima dengan baik oleh nasabah.

"Untuk saat ini fintech yang diizinkan jumlahnya tidak banyak sehingga tidak mempengaruhi bank konvensional ataupun syariah," katanya.

Ia mengatakan semua layanan fintech sudah ada regulasinya, untuk itu bank konvensioanal ataupun syariah bisa melakukan langkah langkah antisipasi.

Selain itu dengan kehadiran layanan fintech tersebut, industri perbankan konvensial maupun syariah juga harus  mulai mencoba menerapkan layanan teknologi yang mengacu pada koridor yang telah ditetapkan dari OJK.

Penulis: Niko Firmansyah
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help