TribunJambi/

Cek Surat Tanah, Tahun Depan Pemkab Muaro Jambi Mulai Bangun Lapas

Pemkab Muarojambi berencana akan membangun lembaga permasyarakatan (LP) di Desa Bukit Baling.

Cek Surat Tanah, Tahun Depan Pemkab Muaro Jambi Mulai Bangun Lapas
TRIBUNJAMBI/DEDI NURDIN
ilustrasi- Suasana di lapas kelas IIa Jambi mulai kondusif pasca jebolnya tembok pembatas yang mengakibatkan 53 orang napi kabur pada Rabu (14/6/2017) dinihari kemarin. Dua Kompi personel sabara polda jambi masih berjaga. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Pemkab Muaro Jambi berencana akan membangun lembaga permasyarakatan (LP) di Desa Bukit Baling.

Hal tersebut sampaikan Bupati Muarojambi Masnah Busro, usai menyambut kafilah MTQ, Sabtu (12/8) lalu di rumah dinasnya. Masnah menyebutkan saat ini Pemkab Muarojambi tengah melakukan pengecekan surat menyurat tanah lokasi lapas tersebut.

"Ya kita sudah pernah komunikasi dengan Kakanwil Menkumham, rencananya akan di bangun tidak jauh dari Polres Muaro Jambi. Kita sedang memeriksa surat-suratnya tanahnya, " sebut Bupati.

Lebih lanjut bupati menjelaskan, lahan yang disiapkan tersebut seluas 4 hektare.

"Insya allah tahun depan akan dibangun," tutur Bupati.

Sebenarnya selain lapas untuk Muarojambi Kemenkumham juga berencana membangun lapas di Sungai Gelam.

"Di Sungai Gelam juga akan di bangun. Tapi kita fokus di Bukit Baling dulu karena dekat Polres, " imbuh Bupati.

Sebelumnya direncanakan tahun depan, Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jambi akan membangun rumah tahanan atau rutan di Kabupaten Muarojambi. Hal ini dikatakan Kepala Kemenkumham Provinsi Jambi Bambang Palasara, di tempat berbeda beberapa waktu lalu.

Menurut Bambang, pembangunan Rutan di Muarojambi merupakan permintaan dari pemkab Muarojambi.

"Muarojambikan belum punya rutan, jadi atas permintaan bupati muarojambi maka akan dibangun tahun depan, " tutur Bambang Palasara.

Lebih lanjut bambang menjelaskan, jika nanti terlaksana maka rutan di Muaro Jambi bisa memback up rutan di Kota Jambi.

"Jarak tempuh Muaro Jambi - Kota Jambi kan dekat, hanya setengah jam. Jadi nantinya rutan tersebut juga memback up lembaga pemasyarakatan Jambi," sebut Bambang.

Seperti diketahui sejak berpisah dari Kabupaten Batanghari hingga kini Muaro Jambi belum memiliki rutan maupun lembaga permasyarakatan. Jadi tahan dan pelaku tindak kejahatan di kabupaten Muaro Jambi di titipkan di LP Kota Jambi. 

Penulis: Zulkifli
Editor: rida
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help