TribunJambi/

Benarkah Darah O Bisa Donor ke Semua, Sementara Golongan AB Bisa Menerima dari Semua?

Dulu stigma golongan darah O bisa donor ke semua, sementara golongan dara AB bisa menerima dari semua, begitu melekat dalam pikiran kita.

Benarkah Darah O Bisa Donor ke Semua, Sementara Golongan AB Bisa Menerima dari Semua?
FOTO : ISTOCK
Risiko penyakit berdasarkan golongan darah 

TRIBUNJAMBI.COM - Dulu stigma golongan darah O bisa donor ke semua, sementara golongan dara AB bisa menerima dari semua, begitu melekat dalam pikiran kita. Nggak salah juga sih..., pelajaran Biologi dulunya memang ngajarin begitu.

Namun, teori itu bergeser setelah alat-alat kesehatan sudah semakin canggih dan kegiatan donor darah sudah makin membudaya di kalangan masyarakat. Akun Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Cianjur memberikan penjelasan tentang hal ini di dinding Facebooknya, Jumat (11/8) kemarin.

Dijelaskan, donor universal (darah O bisa donor ke semua) dan recipient universal (darah AB bisa menerima semua) pernah diajarkan waktu sekolah dulu? Berarti ini golongan sudah tua, wkwkwk...

"Dulu teori tersebut memang sempat dipakai ketika alat-alat kesehatan belum begitu canggih dan jumlah pendonor sukarela juga tidak banyak. Saat ini teori donor dan recipient universal sudah tidak diaplikasikan lagi untuk meminimalisir terjadinya komplikasi di tubuh pasien," ulasnya.

Apabila tetap dilakukan, maka kemungkinan yang terjadi si pasien bisa tertolong atau malah langsung mati sekalian. Golongan darah yang sama saja bisa terjadi komplikasi / ketidakcocokan, apalagi yang golongan darahnya beda.

Sumber: Facebook/Utd PMI Cianjur

Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help