TribunJambi/

Tentang Sepak Bola Eropa, Sejarah Piala Eropa (1)

Awalnya, kejuaraan ini disebut Piala Negara-Negara Eropa. Namanya berubah ke nama hari ini sejak 1968.

Tentang Sepak Bola Eropa, Sejarah Piala Eropa (1)
wikipedia
Piala Super Eropa.

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tahukah Anda sebenarnya apa itu Piala Eropa dan awal mula kejuaraan dan sejarah sepak bola ini?

Situs wikipedia menuliskan kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA merupakan turnamen sepak bola utama antara tim nasional sepak bola pria di bawah UEFA. Kejuaraan ini diadakan setiap empat tahun, sejak tahun 1960, pada tahun genap antara Piala Dunia (habis dibagi 4).

Awalnya, kejuaraan ini disebut Piala Negara-Negara Eropa. Namanya berubah ke nama hari ini sejak 1968.
Nah, dimulai dengan turnamen tahun 1996, kejuaraan tertentu sering disebut dalam bentuk Euro 2012, dan tahun-tahun lain.

BACA JUGA:

Hendak Transaksi Narkoba, Wanita Ini Ditangkap Polisi di Halaman Mesjid

Sebelum dapat berlaga di babak final, semua tim selain negara tuan rumah (yang otomatis lolos) bersaing dalam kualifikasi. Para pemenang kejuaraan mendapatkan kesempatan untuk bersaing di Piala Konfederasi FIFA, yang digelar satu tahun sebelum Piala Dunia, tetapi tidak diwajibkan untuk melakukannya.

Empat belas gelaran telah dimenangkan oleh sembilan tim nasional yang berbeda: Jerman dan Spanyol masing-masing telah memenangkan 3 gelar, Perancis memiliki 2 gelar, dan Uni Soviet, Italia, Cekoslovakia, Belanda, Denmark, Yunani dan Portugal telah memenangkan 1 titel masing-masing. Sampai saat ini, Spanyol adalah satu-satunya dalam sejarah yang memenangi gelar berturut-turut, melakukan hal itu pada edisi 2008 dan 2012.

Kejuaraan paling baru, yang diselenggarakan oleh Perancis pada 2016, dimenangkan oleh Portugal, yang mengalahkan Perancis 1-0 di babak final bertempat di Saint-Denis, Perancis.

Penulis: duanto
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help