TribunJambi/

Jengkol

Tak Tahan Bau Jengkol? Begini Cara Menghilangkannya

Percaya atau tidak, jengkol sebenarnya banyak disukai orang, lho. Hanya saja, beberapa orang memilih untuk tidak makan karena takut baunya mengganggu

Tak Tahan Bau Jengkol? Begini Cara Menghilangkannya
TRIBUNJAMBI/AWANG AZHARI
06062013_jengkol

TRIBUNJAMBI.COM - Harga jengkol sedang murah di pasaran. Itu berarti kini waktunya kita membuat menu jengkol yang disukai keluarga.
Percaya atau tidak, jengkol sebenarnya banyak disukai orang, lho.
Hanya saja, beberapa orang memilih untuk tidak makan karena takut baunya mengganggu pekerjaan.
Nah, supaya seluruh keluarga bisa bebas makan jengkol, hilangkan saja aromanya yang aduhai.
Mungkin tidak bisa sepenuhnya hilang. Tapi paling tidak bisa diminimalisir. Karena, kenikmatan jengkol ada pada aromanya, jadi sayang kan kalau dihilangkan semua.
Yuk, kita kulik cara menghilangkan bau jengkol berikut ini,
1. Bakar jengkol
Membangkar jengkol bisa menghilangkan baunya, lho. Caranya, bakar jengkol bersama kulitnya sampai kulitnya kering dan sedikit terkelupas. Setelah itu kupas kulitnya dan masak seperti biasa.
2. Gunakan abu gosok
Rebus jengkol di dalam air yang diberi sedikit abu gosok sampai agak lunak.
Tiriskan jengkol dan cuci bersih untuk menghilangkan serpihan abu gosok yang mungkin melekat pada jengkol. Setelah bersih, jengkol siap dimasak.
3. Rendam dalam air kapur sirih
Cukup rendam jengkol dalam air kapur sirih selama semalaman. Setelah itu tinggal tiriskan dan rebus jengkol seperti biasanya.
4. Manfaatkan daun salam dan daun jeruk
Sebelum diolah, rebus dulu jengkol dengan daun salam, daun jeruk ataupun keduanya. Daun aromatik ini bisa mengurangi aroma jengkol dan membuatnya lebih harum.
Nah, bagiamana? Sudah banyak cara yang bisa dicoba kan? Kalau sudah begini, kita tidak perlu ragu lagi memasak jengkol di rumah. Ayo, segera ke pasar dan beli jengkol mumpung harganya sedang murah.

Tags
jengkol
bau
Editor: suci
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help