TribunJambi/

Rekor Transfer Neymar Ubah Landscape Sepakbola

Transfer pemain sepakbola di industri lapangan hijau kembali mengukir rekor baru. Neymar da Silva Santos Junior atau terkenal

Rekor Transfer Neymar Ubah Landscape Sepakbola
PAU BARRENA/AFP

TRIBUNJAMBI,COM, LONDON - Transfer pemain sepakbola di industri lapangan hijau kembali mengukir rekor baru. Neymar da Silva Santos Junior atau terkenal disebut Neymar oleh pecinta sepakbola dunia mencetak nilai transfer €222 juta atau sekitar US$263,82 juta. Jika dikonversi ke rupiah nilai transfer Neymar hampir Rp 3,5 triliun. 

Neymar pindah dari klub Barcelona ke Paris Saint-Germain FC (PSG) yang mayoritas sahamnya dikempit oleh Qatar Sports Investments. Neymar menandatangani kontrak lima tahun di klub Prancis tersebut. 

Neymar mengungguli rekor transfer pemain sebelumnya yang dicetak Paul Pogba dari Juventus ke Manchester United (MU) yang disetujui senilai €105 juta pada Agustus tahun lalu. 

Tingginya nilai transfer pemain di industri sepakbola ini menimbulkan kritik. Manajer Arsenal, Arsene Wenger berpendapat, akan semakin sulit untuk menghormati financial fair play (FFP) jika sebuah negara memiliki klub sepakbola.

Begitu sokongan dana besar negara masuk klub sepakbola apapun bisa terjadi. "Ini mengubah landscape seluruh industri sepakbola dalam 15 tahun terakhir," ujarnya seperti dikutip Reuters. 

Kondisi ini seperti inflasi yang terus meningkat. Rekor 100 juta euro telah terlewati di tahun lalu dan setahun kemudian batas 200 juta terlampau setelah transfer Neymar terjadi. 

Arsenal memecahkan rekor transfer mereka sendiri bulan lalu saat mereka menandatangani striker internasional Prancis Alexandre Lacazette dengan biaya 46,5 juta pound (US$61,3 juta). Namun Wenger menegaskan timnya tidak dapat bersaing dengan klub yang lebih kaya.

"Kami tidak bisa bersaing di level tersebut. Kami akan tetap pada rasionalitas dalam memutuskan transfer pemain," kata dia. 

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help