TribunJambi/

Pilkada Kota Jambi

Maksimal Akan Ada Lima Pasang Calon yang Bertarung, Ini Perhitungannya

KPU Kota Jambi siap menggelar pemilu Wali Kota tahun depan. KPU bahkan sudah memperhitungkan jumlah maksimal

Maksimal Akan Ada Lima Pasang Calon yang Bertarung, Ini Perhitungannya
TRIBUNJAMBI/HERU PITRA
Ilustrasi

Laporan wartawan Tribun Jambi, Andika Arnoldy.

TRIBUN JAMBI.COM, JAMBI - KPU Kota Jambi siap menggelar pemilu Wali Kota tahun depan. KPU bahkan sudah memperhitungkan jumlah maksimal pasangan calon yang akan bertarung. Katanya maksimal ada lima pasang calon yang menjadi peserta pemilu.

Wein mengatakan 5 pasangan in ini muncul dari perhitungan jumlah kursi DPRD Kota Jambi sebanyak 45 kursi, sementara jumlah dukungan minimal kursi mengusung calon adalah 9 kursi. Maka jika masing-masing pasangan mendapatkan 9 kursi bisa di pastikan yang akan menjadi peserta pemilu adalah 5 pasang.

"Itu perhitungan kasar dari kita, sementara dinamika atau koalisi di lapangan kita tidak bisa prediksi, bisa lebih atau kurang berdasarkan dukungan kursi," ujarnya.

Dia juga mengatakan ada pula prediksi munculnya calon perseorangan yang diprediksi akan muncul satu orang. Dia mengatakan, meski hingga kini belum ada sosialisasi intensif ke masyarakat sebagai calon perseorangan, namun KPU tidak bisa diam saja, karena calon perseorangan masuk dalam tahapan pemilu dan harus ditunggu hingga akhir tahapannya.

"Nah bisa saja 5 pasang dari parpol dan satu pasang dari calon perseorangan," katanya.

Wein mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan mengundang pimpinan partai politik terkait persiapan tahapan pemilu Wali Kota Jambi.

"Kita akan undang pekan ini," ujarnya.

Penulis: andika
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help