TribunJambi/

Otomotif

GALERI FOTO: Selektif Memilih Car Seat, Agar Si Kecil Aman Selama Perjalanan

MEMBAWA si kecil bepergian jauh memang menyenangkan. Namun Anda harus memperhatikan kesalamatan si kecil selama dalam kendaraan.

GALERI FOTO: Selektif Memilih Car Seat, Agar Si Kecil Aman Selama Perjalanan
TRIBUN JAMBI/ALDINO

TRIBUNJAMBI,COM - MEMBAWA si kecil bepergian jauh memang menyenangkan. Namun Anda harus memperhatikan kesalamatan si kecil selama dalam kendaraan.

Jika si kecil masih berusia dibawah 5 tahun, sebaiknya anda menempatkannya dalam car seat. Selain lebih aman, si kecil akan lebih leluasa menikmati perjalanan.

Duty Manager ACE Hardware Mall Jamtos Rian Ardiansyah mengatakan ada banyak pilihan carsear di ACE Hardware. "Ini bagus dipakai untuk perjalanan bersama si kecil," katanya.

01082017_Car Seat
Car Seat (TRIBUN JAMBI/ALDINO)

Sementara itu untuk keamanan yang optimal, sebaiknya anda meletakan car seat di kursi belakang dengan menghadap ke arah depan.

Jika si kecil masih berusia di bawah satu tahun, sebaiknya posisi kursi menghadap ke belakang bukan ke arah depan.

Selain itu, Anda juga diharapkan harus memperhatikan keberadaan air bag. Jika si kursi belakang, pastikan saat air bag mengembang, tidak mengenai si kecil. Anda bisa menggeser posisi car seat sedikit lebih ke tengah kursi.

01082017_Car Seat
Car Seat (TRIBUN JAMBI/ALDINO)

Untuk memastikan anda menggunakan car seat dengan benar, pastikan anda membaca setiap intruksi yang ada didalam buku manual car seat.

Pilihlah car seat yang teruji mampu melindungi dan nyaman selama dipakai si kecil dalam perjalanan. (rida efriani)

CAR seat merupakan kursi khusus yang didesain untuk dipasang di dalam mobil. Tujuannya tentu saja untuk menjaga keamanan dan keselamatan anak selama berkendara.

01082017_Car Seat
Car Seat (TRIBUN JAMBI/ALDINO)

Namun, di Indonesia pemakaiannya belum terlalu populer, sama seperti pemakaian helm maupun sabuk pengaman yang sering kali diabaikan. Padahal, pemakaian car seat dapat mengurangi risiko kematian karena kecelakaan mobil.

Akan tetapi, tak semua model car seat cocok untuk si kecil, terlebih lagi banyaknya model yang membuat Ibu dan Papa semakin bingung untuk memilih. Oleh karena itu, Ibu dan Papa perlu lebih selektif memilih car seat yang sesuai dengan kebutuhan si kecil. Berikut beberapa pilihan modelnya;

1. Infant-only seats atau car seat khusus untuk bayi.
Kursi ini menghadap ke belakang—ke sandaran kursi, bukan ke dashboard mobil—dan digunakan untuk bayi yang belum dapat duduk tegak.
Biasanya digunakan untuk bayi baru lahir hingga berat 10 kg atau kira2-kira berusia satu tahun.

2. Convertible safety seat.
Yaitu, kursi yang dapat dipasang menghadap ke belakang atau menghadap ke depan. Para ahli menganjurkan agar car seat dipasang menghadap ke belakang sampai bayi setidaknya berusia 2 tahun atau memiliki berat badan 15 kg.

3. Booster seats.
Yaitu, kursi yang menghadap ke depan dan dapat mengangkat tubuh anak sehingga sesuai dengan tinggi sabuk pengaman kendaraan. Kursi ini bisa digunakan jika berat badan anak telah mencapai 20 kg dan tingginya sekitar 130—140cm.

Penulis: rida
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help