TribunJambi/
Home »

Sport

» Basket

Inilah Manfaat Olahraga Panahan, Siapa Tahu Bisa Sehebat Robin Hood

TRIBUNJAMBI.COM- Faktanya, panahan memang memiliki manfaat yang tidak sedikit. Prevention.com

Inilah Manfaat Olahraga Panahan, Siapa Tahu Bisa Sehebat Robin Hood
BIRO PERS SETPRES
Presiden Joko Widodo berlatih memanah di Pusdikzeni, Bogor, pada Sabtu (14/1/2017). 

TRIBUNJAMBI.COM- Faktanya, panahan memang memiliki manfaat yang tidak sedikit. Prevention.com melampirkan bukti bahwa 30 menit aktivitas memanah membakar 140 kalori atau setara dengan jalan cepat 6 km/jam.

“Panahan bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran, tanpa terasa berlatih dua jam tubuh sudah basah kuyup berkeringat,” ujar Tri Danang Waksito, dari Jakarta Archery Club.

Seperti kata Simon Ho, pelatih panahan dari Archery Club of Singapore pada Menhealth.com Singapura, memanah turut melatih daya konsentrasi dan fokus.

Memang, lanjut Danang, manfaat memanah bisa dirasakan secara mental juga. Melalui aktivitas memanah, seseorang bisa belajar mengenai ketenangan, kesabaran, disiplin, dan pengendalian diri.

“Belajar untuk tenang bisa diperoleh karena saat memanah kita harus mampu mengatur emosi dan mempertahankan ritme memanah,” jelas Danang.

Memanah juga melatih seseorang untuk konsentrasi, sebab panahan bukan olahraga yang bisa dilakukan dengan terburu-buru.

Selain itu latihan disiplin juga nilai plus dari berlatih panahan, sebab seorang pemanah tidak boleh jenuh, ia harus memiliki motivasi yang sama setiap kali latihan.

Nah, jika seseorang secara konsisten berolahraga panah, ketenangan-konsentrasi-fokus-disiplin tadi dapat terimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Istilahnya, kata Danang, manfaat itu teruji di kehidupan sehari-hari.

Dari beragam manfaat itu, tentu tidak serta merta semuanya langsung diperoleh. Manfaat akan dirasakan sesuai dengan motivasi dan tujuan apa yang mendasari kita dalam berlatih. “Setiap orang memiliki goal setting dan motivasi masing-masing ketika mengangkat busur,” jelas Danang.

Beberapa orang memanah demi kesehatan. Ada juga yang hanya ingin olahraga biasa. Ada yang memilih panahan sebagai hobi, ada juga yang hanya untuk senang-senang saja. Sebagian orang lagi berlatih panah untuk menjadi seorang atlet.

Menurut Danang, tidak semua orang cocok dengan olahraga menarik busur ini. Misalnya orang yang pembosan, umumnya tidak akan betah berlatih panah. Menurut pengamatannya, kebanyakan orang yang ikut berlatih panahan adalah orang yang kalem. Walau memang tidak menutup kemungkinan orang dengan karakteristik lain juga bisa menyukai olahraga ini.

Reporter : Tika Anggreni Purba

Editor: ridwan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help