Pilkada Merangin

Dukungan Parpol Masih Bisa Berubah

HIRUK pikuk politik Merangin semakin hangat. Perebutan parpol, sosialisasi, dan saling klaim antar kandidat terus terjadi.

TRIBUNJAMBI.COM, MERANGIN - HIRUK pikuk politik Merangin semakin hangat. Perebutan parpol, sosialisasi, dan saling klaim antar kandidat terus terjadi.

Terkait klaim dukungan parpol, pengamat politik Jafar Ahmad mengatakan, bahwa hal itu sah-sah saja terjadi. Namun dia mengatakan, dukungan parpol akan final setelah mendaftarkan pasangan calon.

“Biasanya itu untuk menyakinkan masa pendukungnya. Seperti agar jangan cemas akan parpol yang akan mengusungnya,” sebut Jafar.

Katanya, sebelum resmi mendaftar ke KPU dukungan parpol masih bisa berubah-rubah. Seperti terjadinya pertukaran tampuk pimpinan parpol jelang pendaftaran dilakukan.

“Dan itu sudah pernah terjadi pada Pilkada sebelum-sebelumnya,” ungkapnya.

Katanya, dukungan parpol biasanya akan diberikan setelah adanya deal-dealan antar kandidat dengan parpol. Selain itu juga setelah adanya kesamaan visi antara parpol dengan kandidat.

“Dan setelah adanya mekanisme penjaringan yang dilakukan, jadi ini sangat dinamis. Semuanya bisa berubah-rubah nantinya,” jelasnya.

Kemudian mengenai peta kekuatan sebutnya juga bisa berubah setelah masa pendaftaran nantinya. Ada yang menguat, ada yang stagnan dan adapula yang cenderung menurun.

Pascapendaftaran, Jafar menilai peta politik tentu akan berubah. Untuk mengukurnya, perlu ada kajian dan survei. Apalagi, dukungan parpol saat ini memang belum final.

Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help