TribunJambi/

Kuliner

GALERI FOTO: Kue Yoda Kote Khas Sarolangun; Manis dan Legitnya tak Terlupakan

MENJAMURNYA kuliner Eropa nyatanya tak membuat kue-kue tradisional kehilangan peminat. Meski tidak secara umum dapat ditemukan,

GALERI FOTO: Kue Yoda Kote Khas Sarolangun; Manis dan Legitnya tak Terlupakan
TRIBUN JAMBI/TEGUH SUPRAYITNO

TRIBUNJAMBI.COM - MENJAMURNYA kuliner Eropa nyatanya tak membuat kue-kue tradisional kehilangan peminat. Meski tidak secara umum dapat ditemukan, namun jajanan tradisional khas daerah masih bisa ditemukan.

Di Sarolangun ada jajanan khas yang biasa Anda temukan di pasar, namanya kue Yoda Kote, atau orang umum menyebutnya kue hidung.

Kue ini punya bentuk segitiga menyerupai hidung. Kue ini dahulu umum dibuat oleh orang mudik, tepatnya di derah Pelawan, Sarolangun.

18072017_KUE YODA
(TRIBUN JAMBI/TEGUH SUPRAYITNO)

Kue hidung ini dibuat dari tepung ketan sebagai lapisan luarnya, dan untuk isian dalamnya dibuat dari unti atau parutan kelapa yang dimasak dengan gula aren, sehingga rasanya manis legit tak terlupakan.

Sementara, warna hijau dari tepung ketan ini berasal dari sari daun pandan. Selain itu, juga dicampur dengan santan yang kental, atau glandok agar rasanya semakin nikmat.

Kue ini banyak ditemukan di pasar tradisional. Saat Ramadan kue ini sering disajikan untuk takjil buka puasa.
“Kalau bulan puasa banyak sekali yang pesan untuk takjil,” kata Iwan,

18072017_KUE YODA
Kue Yoda (TRIBUN JAMBI/TEGUH SUPRAYITNO)

Sebenarnya kue ini mirip dengan kue bugis yang bisa ditemukan di Jawa Tengah. Bedanya kue yoda kote ini dibungkus dengan plastik, tetapi kalau bugis dibungkus daun pisang.

Karena kekhasannya, kue Yoda kote cukup banyak diminati masyarakat. Bahkan kerap dijadikan oleh-oleh khas Sarolangun.
“Sering orang bawa ke Jakarta, Muaro Bungo, Jambi,” kata Iwan, penjual kue di warung Nyai, Pasar Bawah Sarolangun.

Jika Anda kebetulan melewati Kota Sarolangun, dan ingin mencoba bagaimana legitnya kue Yoda Kote, Anda bisa datang ke warung Nyai, lokasinya ada di kelurahan Pasar Sarolangun, RT.04, RW.2, tak jauh dari Pasar Bawah.

18072017_KUE YODA
Kue Yoda.(TRIBUN JAMBI/TEGUH SUPRAYITNO)

Selain kue Yoda Kote, kue padamaran juga terkenal sebagai kue khas Jambi. Kue ini dibuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan sari daun pandan dan maizena.

Adonan ini dibungkus dengan daun pisang yang dibentuk menyerupai kubus. Sebelum adonan disiramkan wadah daun pisang, terlebih dahulu diberi serutan gula aren di bawahnya, baru disiram adonan tepung beras dan dikukus.

18072017_KUE YODA
Kue Yoda.(TRIBUN JAMBI/TEGUH SUPRAYITNO)
Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help