TribunJambi/

Pengenalan Lingkungan Sekolah

GALERI FOTO: Hari Pertama Sekolah, Ada yang Tertidur, Ada yang Ditemani Sang Ibu di Kelas

Beberapa anak ada yang tidak mau masuk ruangan, sehingga sang ibu harus membujuknya. Namun, ada juga yang telah duduk manis

GALERI FOTO: Hari Pertama Sekolah, Ada yang Tertidur, Ada yang Ditemani Sang Ibu di Kelas
TRIBUN JAMBI/ALDINO

TRIBUNJAMBI.COM - Beberapa anak ada yang tidak mau masuk ruangan, sehingga sang ibu harus membujuknya. Namun, ada juga yang telah duduk manis di bangku kelas, didampingi sang ibu.

Pemandangan itulah yang terlihat saat hari pertama siswa sekolah dasar (SD) masuk, Senin (17/7). Karena sang anak belum berani duduk sendiri, terpaksa orang tua ikut masuk kelas.

Seperti terlihat di SDN 110 Kota Jambi, banyak ibu-ibu menunggu anaknya di halaman sekolah, sementara siswa kelas 2 hingga 6 terlihat asik bermain. Kemarin, belum terlihat ada proses belajar mengajar, hanya pengarahan dari guru.

18072017_tidur_murid_sekolah
(TRIBUN JAMBI/ALDINO)

Siswa kelas satu terlihat rapi duduk di kelas, mendengarkan arahan guru. Mereka melipat tangan tangan di atas meja dan memperhatikan guru. Orang tua yang menunggu di depan kelas, terlihat ikut memperhatikan aktivitas sang buah hari, sembari sesekali mengobrol.

"Anak saya awalnya tidak mau masuk kelas. Setelah saya paksa baru mau masuk," kata Yuyun (32), orang tua murid.
Dia menunggui karena takut anaknya nangis. Selain itu, juga sekaligus mencari teman sesama orang tua murid yang menyekolahkan anaknya di sana. "Sekalian mencari orang tua murid yang sama, biar bisa kenal," jelasnya.

Di SDN 40 Kota Jambi, orang tua murid juga menunggu anaknya yang baru masuk. Orang tua siswa baru kelas 1 ikut masuk kelas, duduk di sebelah anaknya. Mereka mendengarkan pengarahan guru.

18072017_murid_sekolah_belajar
(TRIBUN JAMBI/ALDINO)

Ina (34), orang tua murid, mengatakan dua anaknya bersekolah di sanna. "Jadi adiknya ada yang jagain," katanya. Dia menunggui karena ingin melihat anaknya di hari pertama masuk SD.

Siswa baru di sekolah menengah atas (SMA) negeri di Kota Jambi, masuk perdana pada Senin (17/7). Selama tiga hari, mereka akan mengikuti pengenalan lingkungan sekolah (PLS).

Pantauan Tribun, di SMAN 3 Kota Jambi, ada 210 orang siswa baru mengikuti PLS. "Setelah melaksanakan upacara kita masuk kelas untuk penyampaian materi dari beberapa guru," jelas M Yetri, Pembina OSIS SMAN 3 Kota Jambi.

18072017_murid_sekolah_belajar
(TRIBUN JAMBI/ALDINO)

"Hari ini, kita menyampaikan materi pengenalan sekolah. Baik materi tentang visi misi sekolah, struktur sekolah dan lingkungan sekolah," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Leonardus Yoga Wijanarko
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help