TribunJambi/
Home »

Bisnis

» Makro

Dana Pembebasan Lahan Naik Rp 12 Triliun

Pemerintah akan menambah anggaran pengadaan lahan untuk proyek infrastruktur. Dana itu akan dialokasikan lewat Lembaga

Dana Pembebasan Lahan Naik Rp 12 Triliun
KONTAN/CAROLUS AGUS WALUYO
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Pemerintah akan menambah anggaran pengadaan lahan untuk proyek infrastruktur. Dana itu akan dialokasikan lewat Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Direktur LMAN Rahayu Puspasari mengatakan, pemerintah akan menaikkan anggaran pengadaan lahan di LMAN tahun ini sebesar Rp 12 triliun menjadi Rp 32 triliun. "Tambahan itu dimintakan masuk dalam APBN Perubahan 2017," katanya kepada KONTAN, Minggu (16/7).

Dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2017 pemerintah mengalokasikan anggaran untuk LMAN Rp 20 triliun. Alokasi anggaran ini digunakan untuk membayar ganti rugi pengadaan tanah bagi proyek infrastruktur jalan tol, perkeretaapian, pelabuhan dan bendungan.

Menurut Rahayu, kenaikan anggaran pengadaan lahan karena peningkatan nilai ganti rugi tanah di luar perkiraan. Selain itu, pemerintah juga mengubah sejumlah daftar proyek strategis nasional yang masuk dalam prioritas proyek tahun ini. Penambahan proyek strategis nasional dan eskalasi ganti rugi tanah ini didasarkan data yang disampaikan instansi yang memerlukan tanah seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kementerian Perhubungan.

Seperti diketahui, pada Juni 2017 pemerintah telah merevisi daftar proyek strategis nasional yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.58/2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Dalam beleid yang merevisi Perpres No.3 tahun 2016 itu, pemerintah menetapkan 245 proyek strategis nasional, satu program kelistrikan, dan satu program industri pesawat terbang.

Dibanding daftar proyek di Perpres 3/2016 yang sebanyak 225 proyek dan satu program kelistrikan, jumlah proyek dalam aturan baru bertambah 20 proyek dan satu program baru. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono bilang, kenaikan anggaran pengadaan lahan diharapkan bisa mempercepat proses pengadaan lahan untuk proyek infrastruktur.

Apalagi sebelumnya LMAN dan Kementerian PU-Pera telah menandatangani nota kesepakatan terkait pemberian dana talangan bagi pembebasan lahan 32 ruas jalan tol dan 19 bendungan. Bberapa perusahaan yang mendapat dana talangan pembebasan lahan itu adalah PT Brantas Abipraya, PT Pembangunan Perumahan, PT Hutama Karya, PT Wijaya Karya. LMAN mengalokasikan Rp 15,5 triliun untuk dana talangan itu.

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help