TribunJambi/

Empat Kecamatan Bakal Dimekarkan

Jauhnya jarak tempuh pelayanan di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Sarolangun membuat Pemerintah Kabupaten

Empat Kecamatan Bakal Dimekarkan
net
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Jauhnya jarak tempuh pelayanan di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Sarolangun membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengajukan pemekaran dalam waktu dekat ini.

Ada pun daerah yang diajukan yakni Kecamatan Mandiangin, Kecamatan Pauh, Kecamatan Batangasai dan Kota Sarolangun.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Sarolangun, Cek Endra dalam kegiatan sosialisasi fasilitas persiapan data dan informasi pendukung proses pemekaran kecamatan, Senin (17/7).

“Ada beberapa Kecamatan yang rencananya kita ajukan untuk dimekarkan. Seperti Kecamatan Mandiangin, Pauh, Batangasai dan kota Sarolangun yang nantinya akan dijadikan kota madya,” kata Bupati.

Terkait rencana pemekaran tersebut Pemkab Sarolangun telah menganggarkan anggaran pada tahu anggaran 2017 ini. Sedikitnya dana yang digelontorkan untuk kegiatan tersebut sebesar Rp 195 juta.

Seperti yang disampaikan Kabag Administrasi Pemerintahan Setda Sarolangun, Riduan dikonfirmasi terpisah.

“Untuk dananya sudah kita anggarkan tahun ini. Dan untuk target pemekaran kecamatan tahun ini akan direalisasikan,” sebut Riduan.

Sementara itu Guru besar IPDN, Fernandes Simanggunsing selaku tim Akademis mengatakan, bahwa dari data yang ada dari empat kecamatan yang akan dimekarkan. Baru dua kecamatan yang disebutnya sudah layak dimekarkan.

“Yang layak dimekarkan itu yakni kecamatan Mandiangin dan kecamatan Batangasai,” ungkapnya.

Sebab lanjutnya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh kecamatan yang akan dimekarkan. Seperti minimal kecamatan setelah dimekarkan minimal memiliki 10 desa.

“Dan dari data yang ada, Kecamatan Mandiangin terdapat 28 desa dan Batangasai terdiri 23 desa,” jelasnya.

Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help