TribunJambi/

Deretan Keuntungan Ikut Program Magang ke Jepang, Duit sampai Sertifikat

Nantinya, peserta akan mendapat imbalan gaji sebesar Rp 15 juta per bulan. Setelah tiga tahun, peserta magang dikembalikan ke Indonesia. Selain gaji..

Deretan Keuntungan Ikut Program Magang ke Jepang, Duit sampai Sertifikat
Tribun Jambi
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi menyediakan program magang ke Jepang. Program itu dilaksanakan dua angkatan, dengan jumlah peserta keseluruhan 60 orang.

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi menyediakan program magang ke Jepang. Program itu dilaksanakan dua angkatan, dengan jumlah peserta keseluruhan 60 orang.

Sebelum berangkat, ada seleksi. Peserta mendapat materi bahasa Jepang, matematika, fisik, mental dan sosial budaya. "Untuk angkatan pertama sudah selesai dilatih sebanyak 30 orang.Angkatan kedua baru berjalan pelatihan selama dua hari," ungkap Raden Muhammad Ali, Sekretaris Diskertrans Provinsi Jambi, Senin (17/7).

Selain itu, utusan Jepang telah hadir untuk melaksanakan tes terhadap peserta yang sudah terlatih. "Tugas kita di sini hanya melatih, untuk tes kelulusan, yang berhak adalah pihak dari Jepang," katanya.

RM Ali mengatakan magang di Jepang dilaksanakan tiga tahun. Nantinya, peserta akan mendapat imbalan gaji sebesar Rp 15 juta per bulan. Setelah tiga tahun, peserta magang dikembalikan ke Indonesia. Selain gaji, setelah pulang ke Indonesia peserta magang akan diberikan uang saku untuk pengembangan usaha di kampungnya sebesar Rp 70 juta, ditambah uang pengembalian asuransi 40 juta. Selain itu ada sertifikat dari pemerintah Jepang sesuai bidang magang yang dilaksanakan.

"Nantinya modal uang dan sertifikat tersebut dapat mempermudah peserta magang untuk bekerja di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia," ujarnya.

Saat ini, pihak Pemerintah Jepang sudah menerima jumlah peserta dari Jambi sebanyak 30 peserta. Di Jepang, peserta magang akan magang di berbagai perusahaan. Seperti otomotif, kontruksi, perawat dan lainnya.

Hingga saat ini pihaknya masih menerima peserta yang ingin mendaftar. Karena kuota magang ke Jepang masih banyak, sehingga masih terbuka peluang yang besar untuk magang ke Jepang. "Di sini kita hanya melatih dan mendidik dan akan dites langsung oleh pihak dari Jepang," ujarnya

Penulis: Rohmayana
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help