TribunJambi/

Ibadah Haji

Dua Batal Berangkat, 14 CJH Lansia akan Diperiksa

Dari 360 Jemaah Calon Haji (CJH) yang semula direncanakan berangkat haji 2017 ini menjadi 358 jemaah. Dua orang Jemaah asal

Dua Batal Berangkat, 14 CJH Lansia akan Diperiksa
TRIBUN JAMBI/HERI PRIHARTONO

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Dari 360 Jemaah Calon Haji (CJH) yang semula direncanakan berangkat haji 2017 ini menjadi 358 jemaah. Dua orang Jemaah asal Kabupaten Kerinci ini batal diberangkatkan. Kasi Haji Kemenag Kerinci, Amri, membenarkan hal tersebut (14/7) kemarin.

"Ada 358 orang tahun 2017, memang semula kuota 360 tapi dua orang meninggal yang dari Semurup karena sakit," jelasnya.

Sedangkan untuk jemaah Lajut Usia (Lansia) umur dari 75-80 tahun sebanyak 14 orang yang mendaftar pada 2012 lalu. Meskipun masuk dalam kuota keberangkat, tapi belum bisa dipastikan berangkatkannya.

"Karena tim kesehatan yang melihat apakah layak berangkat nantinya, awalnya dari tim kesehatan dari Dinkes Kerinci kemudian baru tim kesehatan embarkasi. Yang jelas kita lihat kondisi terakhir ada tidak keluarganya melaporkan, seperti Siulak Deras, sudah ada yang melaporkan bahwa satu orang jemaah terkena stroke," sebutnya.

Untuk proses persiapan CJH saat ini, lanjut Amri, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci untuk melaksanakan vaksin dan cek kesehatan CJH pada 16-17 Juli mendatang.

"Insya Allah kita akan vaksin dan cek kesehatan semua jemaah, apakah bagus tidak fisiknya, karena proses pemeriksaan ini ada dua dari tim Dinkes Kerinci dan tim kesehatan embarkasi," terangnya.

Kemudian untuk manasik haji nanti akan dilaksanakan di tiga lokasi yakni di Kerinci wilayah Hilir, Tengah dan Mudik. Pada 18-25 Juli manasik tiga kecamatan selama 8 hari, lokasinya di tiga lokasi wilayah Hilir. Kemudian di Tengah Semurup, dan Mudik di Siulak. Kalau untuk jadwal keberangkatan tanggal 20-21 Agustus.

Ditanya perbandingan jumlah CJH yang berangkat tahun ini dengan tahun 2016, Kasi Haji menyebutkan terjadi peningkatan, hal ini karena ada penambahan kuota sesuai usulan dari pemerintah pusat.

"Tahun dulu jumlah jemaah kita 247 tahun ini 358 CJH, yang paling banyak dari kecamatan Air Hangat Semurup," tandasnya.

Penulis: hendri dede
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help