TribunJambi/

Penggunaan Pertamax Meningkat

Penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) selama musim mudik lebaran tahun ini mengalami peningkatan, ini sesuai dengan target Pertamina

Penggunaan Pertamax Meningkat
Kontan/Muradi
Semakin banyak orang yang menggunakan bensin non subsidi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI -- Penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) selama musim mudik lebaran tahun ini mengalami peningkatan, ini sesuai dengan target Pertamina yang mereka canangkan sebelum musim mudik.

Naiknya kisaran 20 persen dibandingkan hari sebelumnya. Hal itu diungkapkan oleh Raka Pradipta selaku Sales Eksekutif Retail VII Pertamina Jambi.

Menurut Raka, peningkatan ini terjadi semua jenis BBM gesolin (Pertamax, pertalite dan premium). Namun dari tiga BBM itu, yang paling banyak distribusinya BBM Jenis Pertamax, diman meningkat tajam sekitar 30 hingga 40 persen. Dan ini melebihi penggunaan Pertalite dan premium.

"Biasanya 100 KL (kilo liter), waktu musim mudik dulu mencapai 150 KL perharinya," kata Raka.

Kenaikan penggunaan BBM itu tercatat sejak H-7 hinga H+7 Lebaran, sebab pada kondisi itu, aktifitas masyarakat‎ yang menggunakan kendaraan cukup tinggi, yaitu mudik lebaran.

Berbeda dengan BBM jenis Gasoil (Solar, Pertadex dan dexlite) yang cenderung menurun. Pada musim mudik lebaran lalu, penggunaan Gasoil menurun hingga 50 persen.

Kata Raka, itu disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya berkurangnya operasi mobil truk. Truk-truk tidak beroperasi dikarenakan ‎adanya himbaun pemerintah untuk tidak beroperasi, selain itu, perusahaan juga sedang tutup.

"Untuk pengunaan BBM Gasoil, biasanya perharinya habis 800 KL, namun pada musim mudik lebaran turun menjadi 400 hingga 500 KL perhari," ungkapnya. (zak)

Penulis: muzakkir
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help