TribunJambi/

Parenting

GALERI FOTO: Pergaulan Kian Mengkhawatirkan, Orangtua Harus Kepo

Peran seorang ibu dalam mendidik dan merawat anak yang beranjak remaja tidaklah mudah. Di tengah pergaulan anak-anak yang

GALERI FOTO: Pergaulan Kian Mengkhawatirkan, Orangtua Harus Kepo
TRIBUN JAMBI/ALDINO

TRIBUNJAMBI.COM - Peran seorang ibu dalam mendidik dan merawat anak yang beranjak remaja tidaklah mudah. Di tengah pergaulan anak-anak yang tampak mengkhawatirkan, godaan pergaulan bebas hingga penggunaan narkoba menghantui para ibu yang memiliki anak remaja.

Murniyati (38) menyadari betul kondisi itu. Ibunda Michelle Huang ini mengatakan anak remaja di usia pertumbuhan sangat rentan untuk terjerumus ke pergaulan bebas karena jiwa mereka yang masih labil.

"Jadi anak-anak di usia itu harus banyak diberikan perhatian dan pengertian. Dalam hal ini peran orang tua sangat penting," ungkapnya.

11072017_ibu dan anak
Ibu dan anak (TRIBUN JAMBI/ALDINO)

Perempuan yang memiliki 5 anak ini mengatakan orang tua harus kepo terhadap anaknya.

"Siapa saja temannya, apa kegiatan mereka di luar jam sekolah. Namun sebagai orangtua, saya selalu memberi Mihu kebebasan dan pengertian bahwa sekolah adalah yang utama dalam mengejar impiannya. Saya juga selalu memberikan dukungan sepenuhnya untuk Mihu agar terus termotivasi dalam mengejar cita-cita," tegasnya.

Luangkan Waktu Bersama

11072017_ibu dan anak
Ibu dan anak (TRIBUN JAMBI/ALDINO)

PERHATIAN tanpa meluangkan waktu tentu tidaklah cukup dalam mengurus anak remaja. Murniyati menegaskan dalam mendidik anak remaja ibu wajib meluangkan waktu untuk buah hatinya.

"Setiap ibu pasti mempunyai cara yang berbeda-beda untuk mendidik anak-anaknya.Bagi saya hal yang paling penting adalah pendekatan. Saya selalu meluangkan waktu untuk mengajak anak-anak bercerita dan sharing tentang apa saja kegiatannya di sekolah setiap hari," ungkapnya.

Selain itu Murniyati mengaku juga selalu mengajak anak-anak untuk melakukan pekerjaan rumah bersama-sama. Seperti masak bersama-sama atau belanja bersama.

11072017_ibu dan anak
Ibu dan anak (TRIBUN JAMBI/ALDINO)

Dalam menciptakan kedekatan sebagai ibu dan anak bagai seorang sahabat, ia selalu memberikan kesempatan kepada anaknya untuk sharing tentang masalahnya, bertukar pikiran,dan saling memberikan masukan tentang masalah yang dihadapinya.

"Jadi tidak ada dinding pembatas antara ibu dan anak," tandasnya.

Penulis: rida
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help