TribunJambi/

Health and Beauty

Lebaran Jangan Dijadikan Ajang Balas Dendam

Hari Raya Idul Fitri adalah momen spesial yang paling ditunggu setelah Bulan Ramadan berakhir. Saat lebaran, semua keluarga akan

Lebaran Jangan Dijadikan Ajang Balas Dendam
youtube
Tidur kelelahan. 

TRIBUNJAMBI.COM - Hari Raya Idul Fitri adalah momen spesial yang paling ditunggu setelah Bulan Ramadan berakhir. Saat lebaran, semua keluarga akan berkumpul, yang dimomen ini akan ada banyak makanan manis, bersantan dan berlemak.
Meski nikmat disantap, tapi jika tidak dikontrol justru akan memicu timbulnya penyakit. Tentu Anda tidak ingin kan kebahagiaan Lebaran berganti dengan kesedian, akibat Anda sakit bukan?

Nah, untuk menjaga agar Anda tetap sehat, Anda harus tetap perhatikan pola makan. "Lebaran jangan dijadikan ajang balas dendam. Memang banyak makanan enak, tapi jangan semuanya dimakan, harus dikontrol, taha diri," kata dr Armansyah Siregar.

Ia menjelaskan, ada beberapa penyakit yang kerap dialami pasca lebaran. Yang pertama adalah gangguan pencernaan. Saat lebaran banyak minuman bersoda. Minuman ini jika dikonsumsi tidak terkontrol akan menyebabkan ganguan pencernaan.

Selain itu, gangguan pencernaan juga kerap ditimbulkan akibat makanan yang tidak higienis. Apalagi saat lebaran, banyak sampah makanan yang menumpuk di rumah, dan kerap mengundang datangnya lalat.

Selanjutanya, banyak penyakit kronis yang kembali kambuh saat momen lebaran. Hal ini dipicu menyantap berlebihan makanan manis, bersantan dan berlemak yang banyak disajikan. Penyakit kronis yang sering muncul kata dr.Armasyah yaitu, kolesterol, hipertensi, diabetes bahkan serangan jantung dan juga stroke.

Penyakit maag juga kerap kali kambuh saat lebaran. Hal ini disebabkan pola makan yang tidak teratur. Saat puasa, makan akan dikontrol hanya saat sahur dan berbuka. Saat lebaran tiba, banyak orang yang merasa bebas dan makan sepuasnya dan tak peduli dengan pola makan.

Akibat kecapean lebaran, juga bisa membuat kondisi tubuh Anda jatuh sakit. Apalagi Anda yang mudik ke kampung halaman. Perjalanan yang jauh biasanya membuat orang kurang tidur dan kelelahan. Dan jika tidak diimbangi dengan pola makan yang benar dan asupan yang bergizi, maka penyakit akan gampang menyerang.

Penyakit-penyakit ini kerap menyerang selepas lebaran. Untuk mencegah timbulnya penyakit-penyakit tersebut, Anda bisa mulai menerapkan pola hidup sehat dan mengontrol makanan yang dikonsumsi.

Biasakan hidup sehat

dr Armansyah Siregar memberikan beberapa tips, untuk menghindari penyakit-penyakit yang kerap timbul pasca lebaran.
Langkah pertama adalah mengatur pola hidup dengan rajin olah raga dan mengatur pola makan, terutama bagi penderita penyakit kronis yang gampang kambuh saat konsumsi makan tidak teratur.

Selanjutnya, mengkonsumsi makanan sehat. Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Dan selalu perhatikan kebersihan makanan yang akan Anda santap.

Istirahat yang cukup, sebab kurang tidur akan menurunkan stamina dan sitem kekebalan tubuh. Anda juga harus banyak konsumsi buah dan sayuran segar, untuk memperlancar sistem pencernaan dan menjaga tubuh Anda tetap sehat.

Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: fifi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help