TribunJambi/
Home »

Bisnis

» Makro

Harga Minyak Dunia

Harga Minyak Mentah Kembali ke US$ 47

Harga minyak mentah akan mencetak penguatan pekan pertama setelah melemah lima minggu berturut-turut.

Harga Minyak Mentah Kembali ke US$ 47
CNBC
Anjungan minyak lepas pantai (oil rig) milik perusahaan minyak Rusia. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Harga minyak mentah akan mencetak penguatan pekan pertama setelah melemah lima minggu berturut-turut. 

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex untuk pengiriman Agustus 2017 pukul 13:31 WIB menguat 0,51% menjadi US$ 45,16 per barel. Sepekan ini, harga minyak mentah AS ini sudah bertambah 4,6%. 

Sedangkan harga minyak Brent naik 0,2% menjadi US$ 47,49 per barel. Kedua jenis minyak ini menguat setelah melemah terus sejak 19 Mei. 

Harga minyak mentah dunia sempat menyentuh level terendah 10 bulan pada pekan lalu, di tengah makin berlimpahnya produksi minyak AS. Sementara itu, pengetatan produksi yang dilakukan  Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan aliansinya tak kunjung memberikan hasil pada pasokan minyak global. 

Harga minyak mulai menguat setelah produksi minyak AS turun 100.000 barel per hari menjadi 9,3 juta bph pada pekan lalu. Ini merupakan penurunan produksi mingguan terbesar sejak Juli 2016.

Saat ini, OPEC dan beberapa negara lainnya sepakat memangkas 1,8 juta barel per hari sampai Maret 2018. Namun, sejauh ini belum ada rencana pemangkasan lebih dalam dari OPEC untuk mengimbangi pertumbuhan produksi di AS.   

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help