Parenting

GALERI FOTO: Tips Menyapih si Kecil; Ganti dengan Mendongeng

SETELAH pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif selama 6 bulan, bayi masih memerlukan ASI untuk tumbuh kembangnya hingga sebaiknya

GALERI FOTO: Tips Menyapih si Kecil; Ganti dengan Mendongeng
TRIBUN JAMBI/RIDA EFRIANI

TRIBUNJAMBI.COM - SETELAH pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif selama 6 bulan, bayi masih memerlukan ASI untuk tumbuh kembangnya hingga sebaiknya paling lama 2 tahun.

Namun tidak semua penyapihan berjalan mulus sehingga kadang anak baru berhenti menyusui lebih dari dua tahun.
Kaizeno Uno Prinando (2 tahun 9 bulan) baru mulai disapih saat usianya menginjak 2 tahun 3 bulan.

Diakui sang Bunda Kartika Irmawati (27) jadwal itu memang meleset 3 bulan dari rencana awalnya untuk menyapih Uno.

30062017_Ibu_anak
Ibu dan anak (TRIBUN JAMBI/RIDA EFRIANI)

Tahap awal menyapih sudah mulai dilakukan sejak Uno berusia 20 bulan. Sejak awal, sudah sering diajak berkomunikasi, misalnya ketika dia sedang menyusu kemudian ayah atau bunda bilang.

'Nanti kalau udh umur 2 tahun abang Uno udah gak mimik susu lagi yaa, abang Uno udh besar, udah pinter maem'. Kalimat itu selalu diucapkan berulang ulang," kata istri Marwa Prinando ini, pekan lalu.

Tapi diakuinya, setiap kali dibilang begitu ke Uno, Ia selalu menggelengkan kepala atau merespon dengan kata 'ma mau (gak mau)'.

30062017_Ibu_anak
Ibu dan anak.(TRIBUN JAMBI/RIDA EFRIANI)

Sampai pada usia dua tahun, Uno masih belum mau disapih juga. Tetapi frekuensi menyusunya sudah mulai berkurang.

"Misalnya cuma saat mau tidur saja. Gak setiap jam atau beberapa jam sekali. Di usia 2 tahun juga Uno sudah mulai makan beragam yang menyebabkan dia sudah mulai jarang menyusu," katanya.

Kemudian di usia ini (2 tahun), Uno juga mulai dilatih untuk tidur tanpa menyusu. Biasanya sang ayah mendongeng untuk uno sebelum tidur. Akhirnya pada usia 2 tahun 3 bulan uno benar-benar disapih.

30062017_Ibu_anak
Ibu dan anak (TRIBUN JAMBI/RIDA EFRIANI)

"Karena pada usia itu memang Uno sudah mulai main - main saat menyusu. Mungkin dia sudah kenyang setelah makan nasi dan juga cemilan lainnya. Selain itu intensitas menyusunya yang mulai berkurang juga memengaruhi produksi ASI bunda yang mulai berkurang," tandasnya.

Halaman
12
Tags
tips
Penulis: rida
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved